IDI Sindir Perguruan Tinggi 'Latah' Dirikan Fakultas Kedokteran, Salah Satunya Ada di Lampung

IDI Sindir Perguruan Tinggi 'Latah' Dirikan Fakultas Kedokteran, Salah Satunya Ada di Lampung

Kampus Indonesia yang mempunyai jurusan kedokteran terbaik. FOTO TANGKAPAN LAYAR/YOUTUBE Fakultas Kedokteran Unila Official--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Belum lama ini Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyindir 12 Perguruan Tinggi yang beramai-ramai mengungkapkan rencananya membuka Fakultas Kedokteran, satu di antaranya dari Lampung.

Sejumlah Perguruan Tinggi yang seolah 'latah' untuk membuka Fakultas Kedokteran itu seiring dengan isu kekurangan jumlah dokter yang ada di Indonesia.

Perguruan Tinggi yang berencana membuka Fakultas Kedokteran di antaranya ada UNNESA dan terakhir UIN Wali Songo yang telah dikritik IDI namun tetap mantap membuka fakultas ini tahun depan.

"Menurut saya, ini tidak didasarkan pada kajian yang memadai," kata Dewan Pertimbangan IDI Hasbullah Thabrani, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Spesifikasi Samsung Galaxy A52 5G Terbaru Agustus 2023, Harga Mulai Rp2 Jutaan

"Memang, Indonesia ada masalah kekurangan dokter spesialis dan masalah distribusinya. Tapi kalau kekurangan dokter umum, sebenarnya tidak juga," sambungnya.

Oleh karenanya, IDI juga tidak serta merta setuju dengan pembentukan Fakuktas Kedokteran pada belasan perguruan tinggi baru-baru ini.

"Saya tidak 100 persen setuju karena pendidikan kedokteran jadi seakan-akan jualan lewat isu krisis dokter," sesalnya.

Sejalan dengan itu, di Provinsi Lampung juga ternyata menyumbang satu perguruan tinggi yang mencoba masuk untuk membuka Fakultas Kedokteran, yakni Universitas Muhammadiyah Metro.

BACA JUGA:Ayo Klaim! Saldo DANA Gratis Rp 122 Ribu Tanpa Ribet Syarat Cair Langsung Di E- Wallet Hari Ini

Sepak terjang UM Metro yang jarang terdengar namun akan membuka Fakultas Kedokteran tentu mengejutkan.

Rencana pembukaan Fakultas Kedokteran UM Metro diketahui dari unggahan resmi Wali Kota Metro melalui websitenya yang menerima audiensi Rektor UM Metro dikutip pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Di dalamnya, Wali Kota Metro Wahdi yang juga merupakan seorang dokter ini juga turut menyambut baik tujuan pendirian Prodi S1 Fakultas Kedokteran ini.

Bahkan, Rektor UM Metro juga mengaku berencana menggandeng Universitas Lampung di dalam proses pembukaan Fakultas Kedokteran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: