Tingkatkan Produktivitas Lahan, Lampung Timur Salurkan Bantuan Alsintan

Tingkatkan Produktivitas Lahan, Lampung Timur Salurkan Bantuan Alsintan

Keberadaan sarana dan prasrana pendukung sangat dibutuhkan petani dalam meningkatkan produktifitas lahan pertaniannya.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Keberadaan sarana dan prasrana pendukung sangat dibutuhkan petani dalam meningkatkan produktifitas lahan pertaniannya.

Karenanya, guna membantu petani meningkatkan produktivitas lahannya. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani.

Secara simbolis bantuan Alsintan itu diserahkan Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo di Gedung Tani Desa Sukadana Ilir Kecamatan Sukadana, Jumat 22 Desember 2023.

Bantuan Alsintan yang disalurkan antara lain, traktor roda empat besar, sedang, rotary, hand traktor dan alat penyemprot pestisida. Kemudian, pompa air, pupuk NPK dan perontok padi.

BACA JUGA:Cek, Ini Rincian Tunjangan PNS, TNI, POLRI 2024

Selain itu, Pemkab Lamtim juga menyalurkan bantuan berbagai bibit buah-buahan dan bibit jagung.

Dawam menjelaskan, Kabupaten Lampung Timur, telah menjadi penyumbang 3 besar komoditi pertanian di Provinsi Lampung. Yaitu, padi, jagung dan ubi kayu.

Menurutnya, saat ini luas panen padi di Lamtim mencapai 95.561 hektar dengan total produksi 514.406 ton atau 5,4 ton/ha. Sedangkan luas panen jagung 180.174 hektara dengan total produksi 1.009.908 ton atau 5.6 ton/hektar.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk mendukung kebutuhan padi  sebagai bahan pangan pokok.

BACA JUGA:Cair 1 Januari 2024, Ini Rincian Gaji Pensiunan PNS Dari Terendah Sampai Tertinggi Semua Golongan

Kemudian jagung sebagai bahan pokok bagi industri pakan ternak. Diperlukan jaminan ketersediaan padi dan jagung, dengan mutu yang baik.

Karenanya, perlu diterapkan benih dan teknologi pasca-panen yang tepat, agar komoditi padi dan jagung tetap tersedia sepanjang tahun. Selain itu, tidak mudah rusak dan lebih tahan disimpan.

"Penanganan sarana dan prasarana pertanian, memegang peranan penting dan merupakan bagian integral, sebagai pendukung pembangunan pertanian secara keseluruhan,"ujar M.Dawam didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Indra Budiman Duki.

Ditambahkan, dukungan ketersediaan Alsintan. Khususnya pra-tanam, pra-panen dan pasca-panen juga dibutuhkan untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: