KPU Mesuji Lampung Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu, 1 Orang Paling Lama Butuh Waktu 5 Menit

KPU Mesuji Lampung Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu, 1 Orang Paling Lama Butuh Waktu 5 Menit

Warga TPS 4 Desa Gedung Mulya saat melakukan simulasi pencoblosan dalam pemilu 2024. Foto Ardian Mukti/radarlampung.co.id --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji Lampung melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 di Desa Gedung Mulya, Kecamatan Tanjung Raya Mesuji Senin 25 Desember 2023.

Dalam kegiatan Simulasi itu diikuti 224 pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada lima jenis surat suara.

Simulasi tersebut juga disaksikan para anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Mesuji untuk mengetahui secara langsung suasana saat pemilihan. Kegiatan Simulasi dilakukan sejak pukul 07.00 WIB hingga selesai.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Pesan Nataru di Lampung Harus Berjalan Aman dan Kondusif

Ketua KPU Kabupaten Mesuji Ali Yasir mengungkapkan simulasi tersebut untuk mengetahui berapa lama waktu pemungutan suara.

Dalam hal ini, KPU ingin mengetahui estimasi waktu pemungutan suara secara riil di lapangan sehingga jika ada kekurangan dapat segera diketahui dan selanjutnya diperbaiki.

"Simulasi ini riil ya, artinya dengan jumlah pemilih sebanyak 224 orang dan ini adalah pemilih asli dari TPS 4, asli dari Desa Gedung Mulya Kecamatan Tanjung Raya," katanya.

BACA JUGA:Delapan oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Dibawa Pulang Usai Liburan

Menurut dia, simulasi pemungutan suara ini dibuat secara nyata sesuai kondisi aslinya dan tidak ada yang dibuat-buat.

Dia menerangkan pencoblosan ini menggunakan spesimen surat suara. Yang didalamnya berisi gambar buah buahan.

Dia mengatakan estimasi waktu sementara untuk proses pemungutan suara bagi pemilih yang sudah lanjut usia berkisar 5 menit per orang kemudian yang usia muda butuh waktu 4 menit.

BACA JUGA:Update Tarif Jalan Tol Trans Sumatera Mulai Lampung Hingga Banda Aceh, 8 Ruas Masih Gratis

Selain itu dia juga menyampaikan simulasi ini menjadi ajang pembelajaran atau praktik lapangan sekaligus sosialisasi KPU kepada masyarakat tentang cara mencoblos yang benar. 

Dengan pembelajaran lewat simulasi itu, Acing sapaa akrabnya berharap pelaksanaan pemunguatan suara pada 14 Februari 2024 nanti bisa sukses. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: