Gubernur Lampung Arinal Ajak Pemilu 2024 Menjadi Bukti Masyarakat Kian Cerdas Dalam Berpolitik

Gubernur Lampung Arinal Ajak Pemilu 2024 Menjadi Bukti Masyarakat Kian Cerdas Dalam Berpolitik

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak semua pihak bekerja sama dalam mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Sehingga, kesuksesan tersebut akan menjadi bukti bahwa masyarakat Lampung kian cerdas dalam berpolitik. Juga menjadi perayaan kedewasaan sebagai bangsa Indonesia..

Hal tersebut disampaikan Gubernur Lampung Arinal saat menghadapi dan membuka acara malam apresiasi KPU Lampung 2023 di Ballroom Novotel, pada Rabu malam, 27 Desember 2023.

Gubernur Arinal mengatakan, pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. 

BACA JUGA:Mencintai Adat Pondasi Utama Menbangun Pesawaran

Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Nilai-nilai demokrasi dimaksud adalah menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela, menjamin terjadinya perubahan secara damai, pergantian kepemimpinan dengan teratur, sesedikit mungkin unsur paksaan dalam pembuatan, pelaksanaan, dan penegakan keputusan politik.

Kemudian adanya pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, adanya pengakuan dan jaminan atas tegaknya keadilan, serta ilmu pengetahuan yang maju.

Salah satu indikator utama keberhasilan pelaksanaan pemilu kata Gubernur Arinal adalah adalah tingkat partisipasi pemilih.

BACA JUGA:RSUD HM Mayjend Ryacudu Kotabumi Lampung Utara Banjir Pasien PPPK

Pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 jumlah partisipasi pemilih di Provinsi Lampung sebesar 81 persen. Di mana angka ini lebih tinggi dari target dalam RPJMN 2015-2019 yang sebesar 77,5 persen. 

"Harapan kita bersama, bahwa kesuksesan pencapaian target partisipasi pemilih dapat terulang atau lebih tinggi pada pelaksanaan pemilu Tahun 2024," ujar Gubernur Arinal.

"Dimana target tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada tahun 2024 dalam RPJMN 2020-2024 sebesar 79,5 persen," ucapnya.

Menurut Gubernur Arinal, indikator selanjutnya dalam mengukur sukses pemilu adalah situasi tertib dan tentram dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: