Waspada DBD di Musim Hujan, Awal Januari 2024 Sudah Ada 8 Kasus di Mesuji Lampung

Waspada DBD di Musim Hujan, Awal Januari 2024 Sudah Ada 8 Kasus di Mesuji Lampung

Waspada DBD di Musim Hujan, Awal Januari 2024 Sudah Ada 8 Kasus di Mesuji Lampung. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 8 warga di Kabupaten Mesuji Lampung terserang demam berdarah dengue (DBD) sejak 1 - 17 Januari 2024.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat tercacat. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, penyebaran kasus DBD ini cukup merata di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten berjuluk Bumi Ragab Begawe Caram ini.

“Ya, data ini sampai 17 Januari 2024 ada 8 kasus DBD, ”sebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Mesuji, Suyono pada Kamis 18 Januari 2024.

BACA JUGA:Langgar Kode Etik, Bawaslu Lampung Barat Copot Jabatan Ketua Panwascam

Dari jumlah tersebut 3 diantaranya masih di rawat di (RSUD) Ragab Begawe Caram Mesuji para pasien tersebut berasal dari Sungai Badak Kecamatan Mesuji, Brabasan Kecamatan Tanjung Raya dan Wiralaga Kecamatan Mesuji.

Jika melihat data kasus DBD seringkali muncul di musim pancaroba, khususnya bulan Januari seperti sekarang ini.

Karena tingginya curah hujan mempengaruhi peningkatan kasus DBD. Genangan air timbul setelah hujan berpotensi menjadi sarang nyamuk berkembangbiak.

BACA JUGA:Alumni Akpol 2019 yang Jadi Kapolsek Perempuan, Polwan Cantik Asal Lampung Berpangkat Sama Dengan Ayah

Selain itu, jenis nyamuk ini berkembang biak di genangan air, terutama wadah atau tempat penampungan air. "Hal inilah yang menyebabkan DBD sering terjadi kala musim penghujan,” tuturnya

Untuk itu masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengantisipasi segala bentuk kemungkinan penyakit DBD. 

"Jaga lingkungan agar tetap bersih, jangan dibiarkan sampah, apalagi yang membuat genangan air hingga jentik nyamuk bisa berkembang. Perdulilah dengan lingkungan, jangan acuh terhadap kebersihan lingkungan," imbuh Suyono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: