Pentingnya Sholat di Kehidupan Manusia Untuk Komunikasi Dengan Allah SWT

Pentingnya Sholat di Kehidupan Manusia Untuk Komunikasi Dengan Allah SWT

Berdoa saat sujud dalam salat. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Isra Mir'aj menjadi salah satu peristiwa penting bagi umat Islam karena menunjukkan kebesaran Allah SWT dalam memberikan mukjizat melalui Rasulullah SAW atau Nabi Muhammad SAW.

Tahun 2024 ini peringatan Isro Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah jatuh pada, Kamis 8 Februari 2024.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung, Prof.KH.Moh.Mukri mengatakan, Isro merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjidil Aqsha (Palestina).

Kemudian Mi'raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Sidratul Muntaha yang memiliki peran yang sangat penting bagi umat muslim karena saat Mi'raj ada perintah sholat diwajibkan.

BACA JUGA:Libur Panjang, Pelayanan Administrasi Kependudukan di Mesuji Tetap buka

"Kalau kewajiban lain melalui malaikat Jibril. Tapi untuk sholat langsung Nabi Muhammad SAW langsung menghadap Allah SWT. Maka diwajibkan syariat sholat," ujar Prof.KH.Moh.Mukri.

Nabi Muhammad SAW sebelum berangkat Isro Mi'raj, kata Prof.KH.Moh.Mukri mendapatkan cobaan yang cukup berat.

Dimana, para orang terdekat dan kesayangan seperti istrinya Khadijah, kakek, dan lainnya meninggalkan Nabi Muhammad SAW.

"Sehingga beliau dalam kondisi yang sangat berduka. Maka berangkat nya Nabi Muhammad SAW Isro Mi'raj ini merupakan suatu hal yang luar biasa," ungkapnya.

BACA JUGA:3 Kebiasaan Buruk yang Harus Diubah Jika Tidak Ingin Terkena Osteoporosis Sejak Dini

Lanjut Prof.KH.Moh.Mukri, pejabat Nabi Muhammad SAW dalam Isro Mi'raj ini menjadi sejarah penting bagi umat muslim karena turunnya kewajiban sholat.

"Karena didalam Islam ibarat rumah sholat itu tiangnya. Ibadah lain tidak dianggap sah kalau seseorang tidak menjalankan sholat," ucapnya.

Makna strategis lainnya Isro Mi'raj, selain perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Perjalanan tersebut merupakan perjalanan datar aray horizontal.

"Ini menyangkut hubungan manusia dengan manusia. Menggambarkan pentingnya manusia membangun komunikasi yang baik dengan sesama manusia," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: