Ikut Lakukan Pemantauan, OAIL Itera Sebut Hilal akan Sulit Terlihat Hari Ini

Ikut Lakukan Pemantauan, OAIL Itera Sebut Hilal akan Sulit Terlihat Hari Ini

Ilustrasi pemantauan Hilal di OAIL Itera.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pusat Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) akan melaksanakan pengamatan hilal Ramadan tahun 1445 Hijriah pada Minggu, 10 Maret 2024, atau bertepatan tanggal 29 Sya’ban 1445 H. 

Rencananya, hari ini pengamatan akan dilaksanakan di Kompleks Stasiun Pengamat Bulan (OZT-ALTS) Taman Alat MKG Itera, menggunakan teleskop robotik canggih bernama OZT ALTS.

Meski begitu tim OAIL telah memprediksikan jika hilal akan sulit terlihat saat pemantauan yang akan dilakukan mulai pukul 16.00 WIB itu.

Hal Itu disampaikan Kepala pusat OAIL Dr. Moedji Raharto. Dirinya mengatakan, jika menggunakan titik lokasi OZT-ALTS, tim OAIL menghitung bahwa konjungsi toposentrik terjadi pada tanggal 10 Maret 2024 pada pukul 17.30 WIB. 

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Jamin Harga Bahan Pokok akan Terkendali

"Pada saat matahari terbenam di Itera pada pukul 18.15 WIB, bulan akan berada di horizon barat dengan umur Bulan 0 jam 45 menit," katanya.

Dari perhitungan yang dilakukan oleh tim OAIL, ketinggian bulan pada saat matahari tenggelam adalah +00°:01′:47″ dan azimut Bulan sebesar  +264°:49′:16″, dengan beda azimut-01°:14′:24″ dari lokasi Matahari terbenam, dengan elongasi sebesar +01°:42′:19″.

“Sehingga diprediksi hilal kali ini akan sangat sulit untuk diamati, dan di bawah kriteria visibilitas hilal Neo MABIMS (ketinggian bulan 3 derajat, elongasi 6,4 derajat)," ucapnya.

"Meski begitu, OAIL tetap melakukan pengamatan untuk melakukan konfirmasi apakah hilal dapat dilihat atau tidak,” sambung Dr. Moedji Raharto.

BACA JUGA:IPLM Provinsi Lampung Masuk Kategori Sedang

Menurutnya, dengan ketinggian hilal yang rendah dan di bawah kriteria visibilitas hilal, kemungkinan ada perbedaan awal Ramadhan cukup besar. 

"Tapi, apapun hasil pengamatan yang dilaksanakan oleh OAIL, baik hilal dapat terlihat maupun tidak, akan dilaporkan ke Kementerian Agama untuk digunakan sebagai pertimbangan penentuan awal bulan Ramadhan 1445 melalui sidang isbat," sebutnya.

Selain itu OAIL juga  membuka pengamatan untuk umum, bagi masyarakat yang berminat untuk hadir, silakan mengisi formulir pendaftaran di bit.ly/hilal-ramadhan-1445h-itera untuk mendaftar. 

Atau bagi yang tidak bisa hadir OAIL juga akan menyediakan laman  streaming kondisi pengamatan melalui kanal YouTube OAIL: https://tinyurl.com/youtube-oail, dan juga melalui media sosial instagram: @oail.itera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: