Gubernur Arinal Fokuskan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Yang Berdampak Langsung ke Masyarakat

Gubernur Arinal Fokuskan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Yang Berdampak Langsung ke Masyarakat

Gubernur Arinal saat panen Kopi Arabika di Lampung Barat.---Sumber foto: diskominfo lampung.--

Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Lampung pada tahun 2023 mendapatkan peringkat ke-1 di Sumatera dan mendapatkan peringkat ke-4 di Indonesia, dengan predikat BAIK (3,37). 

BACA JUGA:5 Tips Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Saat Menjalankan Puasa

Keempat, pilar lingkungan juga menunjukkan perkembangan yang sangat baik, salah satunya, yaitu penurunan emisi gas rumah kaca hingga mencapai 12,94 persen dan meningkatnya Indeks Kualitas Lingkungan Hidup dari tahun 2018 hingga 2023 sebesar 13,29 point. 

Indeks tahun 2023 sebesar 69,91 telah melebihi target yang ditetapkan oleh Kementerian LHK sebesar 69,09.

Sebagai bukti dari keberhasilan pembangunan tersebut, sejak Juni 2019 hingga saat ini, kinerja Gubernur Arinal telah memperoleh apresiasi dan meraih 140 penghargaan, baik dari pemerintah pusat maupun masyarakat.

Gubernur Arinal juga menyampaikan bahwa Lampung sebagai Provinsi mandiri, di antara 10 provinsi lain di Indonesia. 

Selain capaian pembangunan yang telah dilakukan Gubernur Arinal, Pemprov Lampung pun tengah menyusun rencana awal rencana kerja pembangunan daerah (Ranwal RKPD) Lampung tahun 2025.

BACA JUGA:5 Tips Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Saat Menjalankan Puasa

Kepala Bappeda Lampung Elvira Umihanni pada FGD Ranwal RKPD 2025 Lampung, 6 Februari 2024 lalu menyampaikan, berdasarkan dokumen RPD 2025-2026, ada beberapa arah kebijakan tahun 2025. 

Mulai dari peningkatan kapasitas perekonomian yang berdaya saing dan merata berbasis sektor unggulan didukung dengan infrastruktur yang merata dan berkualitas.

Peningkatan kualitas SDM yang kompeten, adaptif dan berbudaya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 

Peningkatan pengelolaan SDA dan lingkungan hidup dalam rangka mengoptimalkan data dukung dan data tampung. Perbaikan tata kelola pemerintahan yang adaptif dan kolaborasi.

"Tema pembangunan Lampung tahun 2025 adalah sinergi memperkuat kapasitas dan ketahanan ekonomi berkelanjutan serta kualitas pembangunan manusia," ucapnya.

BACA JUGA:Semarak Ramadhan, RSUDAM Adakan Bakti Sosial

Lanjut Elvira Umihanni, target yang sudah dimuat dalam RPD 2025-2026 diantaranya untuk pertumbuhan ekonomi pada 2025 ditargetkan 5,2 hingga 5,7 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: