Jelang Mudik Lebaran 2024, Tarif Tol Diskon 20 Persen, Catat Tanggal Berlakunya

Jelang Mudik Lebaran 2024, Tarif Tol Diskon 20 Persen, Catat Tanggal Berlakunya

Aktivitas di gerbang Tol Itera, Selasa, 2 April 2024.-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - PT Hakaaston (HKA) area Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (BTB) memberlakukan diskon tarif mudik lebaran 2024 sebesar 20% mulai hari ini, 3 April 2024.

Direktur PT BTB (HKA) I Wayan Mandya mengatakan, berdasarkan putusan rapat kordinasi dengan Indonesia Invesment Autority di Jakarta, terdapat diskon tarif tol untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Diskon tarifnya sebesar 20%, terhitung di tanggal 3 dan 4 April untuk arus mudik kemudian di arus baliknya di tanggal 16 dan 17 april," kata Wayan diwawancarai selepas peninjauan ruas jalan persiapan mudik lebaran tahun 2024, di gerbang Tol Natar, Selasa, 2 April 2024.

Menururnya, pemberlakuan diskon tersebut dimulai pukul 06.00 WIB sampai jam sama hari berikutnya dengan tujuan memindahkan puncak mudik dan arus balik lebaran supaya tidak terjadi kepadatan.

BACA JUGA:Kenapa Tidak Semua Ruas Tol Diberikan Lampu Penerangan Jalan? Simak Alasannya

"Kita upayakan penyebaran terhadap lalu lintas agar tidak menumpuk pada hari tertentu. Jadi kita sebar trafiknya dengan memberikan diskon ini," ungkapnya.

Bicara soal mudik, PT HKA menargetkan lonjakan arus mudik akan terjadi dan mulai memuncak pada tanggal 7 April 2024 di area tol tersebut.

"Secara umum kita sudah sangat siap menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran dengan fasilitas mobil darurat dan rest area yang sudah kita siapkan," ungkapnya.

"Kita prediksi tanggal 7 April adalah puncak arus mudik. Diperkirakan ada 63 ribu volume kendaraan yang bakal melintas, dan tertinggi 11 april mencapai 78 ribu," ungkapnya.

BACA JUGA:Satresnarkoba Polres Lampung Tengah Amankan 11 Kg Ganja

Guna mengantisipasi terjadinya kemacetan karena kekurangan saldo kartu tol, pihaknya juga telah menyediakan jalur pengisian khusus supaya kemacetan terurai.

Juga persiapan lainnya, seperti perbaikan rute jalan dan kesiapan rest area.

"Kemudian kita juga menyediakan 12 rest area, jadi pengguna jasa kalau capek silahkan singgah dan memeriksa kendaraannya dalam arus mudik dan balik, dengan aman nyaman dan selamat. Intinya kami sangat siap menghadapi arus lebaran," imbuhnya.

Untuk diketahui, selain ruas bakter, dua ruas jalan tol lainnya yang ada di Lampung juga turut mendapatkan diskon dari PT Hutama Karya (Persero) sebanyak 20 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: