Upaya Kurangi Volume Sampah ke TPAS, Masyarakat Bisa Manfaatkan Bank Sampah

Upaya Kurangi Volume Sampah ke TPAS, Masyarakat Bisa Manfaatkan Bank Sampah

Kepala DLH Kota Metro. Foto Ruri--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota METRO meminta masyarakat untuk memanfaatkan bank sampah yang ada di Bumi Sai Wawai.

Kepala DLH Kota Metro Ardah mengatakan, terkait pengelolaan sampah, masyarakat pun perlu untuk diedukasi. Antara lain salah satunya dapat memanfaatkan bank sampah yang tersedia di kelurahan-kelurahan yang ada di Bumi Sai Wawai.

"Bank sampah kita ada di kelurahan-kelurahan. Sampah ini ada nilai ekonomisnya loh untuk dikelola. Jadi kita minta masyarakat juga bisa memanfaatkan bank-bank sampah kita. Dengan begitu, minimal kita bisa mengurangi volume sampah yang kita kirim ke TPAS," ungkapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat melapor ke call center 112 jika mengetahui ada yang buang sampah sembarangan.

BACA JUGA:Oknum Wartawan Lampung Utara Diduga Lecehkan Guru PAUD, Ini Penampakannya saat Diamankan Polisi

Masyarakat bisa melapor ke call center apabila melihat warga yang buang sampah sembarangan di sekitar Kota Metro.

"Kita meminta masyarakat jika ada yang melihat seseorang buang sampah sembarangan, bisa lapor ke kita atau ke call center," ujarnya 

Dikatakannya, sejak tahun 2023, DLH Kota Metro rutin melakukan patroli ke lokasi yang diduga kerap menjadi tempat buang sampah sembarangan.

Pihaknya pun memberi sanksi kepada warga yang tertangkap tangan sedang membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA:Pensiunan Mantri Daftar Pertama Bacalon Bupati-Wakil Bupati DPRD PAN Pringsewu

"Kita beberapa kali menemukan warga yang buang sampah di tempat yang akan diangkut armada kita. Ada juga yang buang sampah di pinggir jalan," ungkapnya.

Apalagi, lanjutnya, saat Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, volume sampah di Metro memang mengalami peningkatan sekitar 30 persen.

"Memang meningkat. Kerja kita pun juga meningkat, tapi itu bukan suatu masalah. Upaya yang kita lakukan ya kita optimalkan pengangkutannya," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: