Iklan Bos Aca Header Detail

Tega Korbankan Anak Jadi Manusia Silver, Sejumlah Emak-emak Digelandang Ke Kantor Satpol PP

Tega Korbankan Anak Jadi Manusia Silver, Sejumlah Emak-emak Digelandang Ke Kantor Satpol PP

Foto Ilustrasi. Manusia silver ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja di Bandarlampung.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sejumlah ibu rumah tangga diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  Bandar Lampung karena diduga sengaja menjadikan anak-anaknya sebagai manusia silver di seputaran lampu merah Kota Tapis Berseri, belum lama ini.

Kasatpol PP Bandar Lampung Achmad Nurizky membenarkan kabar tersebut. Dirinya menyebut, tim Tibum Jalar raya telah  mengamankan sekaligus menertibkan para anak-anak di bawah umur terdiri dari laki-laki dan perempuan.

"Kami sudah  menyampaikan informasi terkait beberapa penertiban PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) jadi kalo untuk tim siang kita namanya Tibum Jalan Raya, belum lama ini kita amankan orang yang biasa kita sebut manusia silver maupun beberapa pedagang yang ada di wilayah Kota Bandar Lampung, anak perempuan dan laki-laki, kurang lebih 4 sampai 5 anak-anak yang dijadikan manusia silver," katanya, Selasa, 21 Mei 2024 di Grand Mercure Lampung.

Menurutnya, anak-anak tersebut diduga sengaja dibawa para ibunya untuk menghasilkan uang dengan menjadi manusia silver di jalanan lampu merah.

BACA JUGA:Gubernur Lampung Diminta Cabut Pergub Tata Kelola Panen dan Produktivitas Tanaman Tebu

"Setelah kita telusuri memang anak tersebut dibawa orang tuanya. Alasan mereka cari duit lebih untuk ekonomi, padahal kondisi orang tuanya sehat semu dia," kata Nurizky.

Karena hal itu, pihaknya mengamankan para anak dan orangtuanya ke kantor Satpol PP setempat untuk dilakukan pembinaan, termasuk memandikan anak-anak tersebut.

"Kita bawa ke kantor, buat surat pernyataan, kita mandikan mereka supaya bersih. Kita sudah berikan edukasi kepada ortunya agar jangan memperkerjakan anaknya lagi," ungkapnya.

"Kemudian kalau bisa mencari pekerja lain yang lebih layak, jangan di jalanan. Kita juga sampaikan bahaya bahan silvernya kepada kulit anak-anak, efeknya sampai mereka sudah dewasa," sambungnya.

BACA JUGA:Simpan Shabu Dikotak Rokok, Pria di Pesisir Barat Lampung Diringkus Polisi

Kata dia, para manusia silver tersebut diamankan dari berbagai traffic light atau lampu merah yang ada di Bandar Lampung, seperti di dekat RS Imanuel baypas, Jalan Urip Sumoharjo, dan Endro Surtamin.

"Orang tuanya itu ada di seputaran itu juga. Kemarin kita sudah ambil tertibkan dan buat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi dan kedepan kita terus melaksanakan penertiban secara berlanjut," terangnya.

Dengan adanya penemuan ini, pihaknya meminta semua warga Kota Bandar Lampung untuk tidak memanjakan mereka dengan memberikan uang kepada manusia silver tersebut.

"Kita berharap kedepan dan mohon bantuan warga Bandar Lampung untuk jangan memberikan sedekah di jalan kepada mereka, karena lama-lama kalau tidak diberikan atau tidak ada yang ngasih lagi, mereka akan menghilang dengan sendirinya," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: