Iklan Bos Aca Header Detail

Kejar UHC di Desa, BPJS Kesehatan Optimalkan Agen PESIAR

Kejar UHC di Desa, BPJS Kesehatan Optimalkan Agen PESIAR

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Metro terus gencarkan program tersebut di desa-desa. Memasuki bulan ke tiga, BPJS Kesehatan Cabang Metro menggelar kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Implementasi Pelaksanaan PESIAR tingkat Kabupaten Mesuji, --

MESUJI, JAMKESNEWS - Sejak berjalannya Program Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR) pada bulan April lalu, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Metro terus gencarkan program tersebut di desa-desa.

Memasuki bulan ke tiga, BPJS Kesehatan Cabang Metro menggelar kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Implementasi Pelaksanaan PESIAR tingkat Kabupaten Mesuji, Selasa, 23 Juli 2024.

Berlangsung di Aula Pemerintah Kabupaten Mesuji, kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Kesehatan dan seluruh agen PESIAR Kabupaten Mesuji.

Kepala BPJS Kesehatan, Bellza Rizki Ananta dalam sambutannya menjelaskan bahwa PESIAR yang diinisiasi BPJS Kesehatan ini merupakan suatu kegiatan pemasaran sosial terencana dalam rangka rekrutmen peserta dan meningkatkan keaktifan peserta JKN yang dilakukan oleh Agen PESIAR.

BACA JUGA:Putusan MK Syarat Ambang Batas Berubah, Begini Situasinya Jelang Pilgub Lampung

BACA JUGA:Mayat Dibungkus Seprai Diduga Korban Pembunuhan Buat Heboh

Sedangkan Agen PESIAR adalah orang yang ditugaskan oleh pihak desa untuk menjalankan aktifitas PESIAR yang meliputi Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi.

"Melalui Program Pesiar, kami ingin bisa menyisir kepesertaan hingga 100 persen. Program ini berdampak positif pada pencapaian Universal Health Coverage (UHC)," ujar Bellza.

Ia mengatakan angka peserta JKN secara nasional pada tanggal 1 Juli 2024 telah mencapai 274.143.621 jiwa. Hal ini menandakan bahwa lebih dari 97,66 persen penduduk Indonesia telah terdaftar sebagai peserta JKN, yang merupakan pencapaian signifikan dalam upaya menjamin kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Program PESIAR merupakan bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

BACA JUGA:Rayakan HUT ke-79 RI, BRI Hadirkan Bazaar UMKM BRILiaN Pada Gelaran BRILiaN Independence Week

BACA JUGA:Peringati HUT ke-79 RI, BRI Kembali Berikan Beasiswa Bagi Paskibraka Tingkat Pusat

Program itu telah diuji coba sejak 2022 di 126 desa yang tersebar di seluruh Indonesia, dilaksanakan melalui keterlibatan pemerintah kabupaten/kota, pemerintah desa, dan kantor cabang BPJS Kesehatan di daerah.

Bellza menjelaskan, Program Pesiar ini diawali dengan memetakan data penduduk dengan penyandingan data warga yang sudah memiliki kepesertaan JKN dan yang non JKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: