Iklan Bos Aca Header Detail

Sikapi Hujan Lebat yang Masih Sering Muncul, Pemkot Bandar Lampung Antisipasi Banjir

Sikapi Hujan Lebat yang Masih Sering Muncul, Pemkot Bandar Lampung Antisipasi Banjir

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana yang turun kembali memastikan gorong-gorong bersih dari endapan sedimen yang memicu banjir, 14 April 2024 di TbB, Bandar Lampung yang lalu.-Foto ist-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung belum lama ini menyebut hujan masih akan terus ada pada musim kemarau ini.

Menanggapi hal itu, Pemkot Bandar Lampung melalui BPBD dan DLH terus melakukan antisipasi pada wilayah rawan banjir di Kota Tapis Berseri.

Hal diungkapkan Kepala BPBD Bandar Lampung Wakidi, Jumat 12 Juli 2024.

Dirinya menyebut, hingga kini pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder, termasuk BMKG, dalam memantau kondisi cuaca.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Kunjungi Pasar Kota Agung Tanggamus dan RSUD Batin Mangunang

Lebih dari itu, pihaknya juga telah memetakan antisipasi intensif pada lokasi rawan banjir, terlebih jika hujan berlangsung lebih dari tiga jam lamannya.

"Dari yang sudah kita petakan sejumlah wilayah di Bandar Lampung rawan banjir, seperti di Kecamatan Rajabasa, Kelurahan Nunyai; Kemiling; Kedaton; dan Kedamaian, yang selalu kita pantau," katanya.

Meski demikian, pihaknya tetap meminta masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

Bila terjadi banjir dan pohon tumbang di saat hujan lebat, masyarakat bisa langsung menghubungi petugas yang berjaga 24 jam.

BACA JUGA:Pergerakan Penumpang di Bandara Radin Inten II Meningkat 36 Persen

"Kapan saja bisa hubungi kami, begitu ada kejadian bisa segera kami tidak lanjuti," terangnya.

Setali tiga uang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung Ahmad Husna menyebut bahwa pihaknya telah mengerahkan para tenaga kebersihan untuk sesering mungkin membersihkan drainase.

"Setiap hari ada satgas kita yang membersihkan aliran drainase juga sungai berkoordinasi dengan Dinas PU agar tidak ada sampah tersumbat dan membuat sungai meluap," ungkapnya.

Oleh karenanya, sebelum banjir terjadi pihaknya berharap masyarakat Kota Bandar Lampung dapat menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: