Penipuan Modus Baru, Pura-pura Transfer di BRILink, Lalu Kabur

Penipuan Modus Baru, Pura-pura Transfer di BRILink, Lalu Kabur

AKBP RIO CAHYOWIDI--

PRINGSGEWU, RADARLAMPUNG.CO.IDKasus penipuan dengan modus transfer uang di BRILink Sukoharjo, Pringsewu, terungkap. RH (29), yang diduga pelaku sempat diamankan masyarakat, sebelum diserahkan ke polisi.

Awalnya, seseorang datang ke salah satu agen BRILink Sukoharjo dan meminta M. Habib (34), pegawai di tempat itu untuk mentransferkan sejumlah uang ke salah satu rekening.

Pada saat itu, pelaku yang belakangan diketahui bernama RH hanya membawa sebagian uang. Sisanya diakui masih di dalam kendaraan.

Setelah Habib selesai melakukan proses transaksi, RH berpura-pura pamit untuk mengambil sebagian uang yang berada di dalam kendaraan yang parkir tidak jauh dari lokasi.

BACA JUGA: Terbongkar, 2 Bocah Pesantren Seberangi Selat Sunda Hanya Bermodalkan Rp6 Ribu, Begini Kisah Perjalanan Mereka

Tiba-tiba ia kabur. Namun berhasil dikejar dan diamankan oleh warga yang mengetahui peristiwa tersebut.

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengimbau warga, terutama pemilik usaha jasa transaksi tunai seperti BRILink untuk waspada terhadap kasus penipuan jenis baru modus transfer tunai.

"Khususnya pemilik usaha agen BRILink, untuk waspada dan lebih teliti saat transaksi keuangan," tegas AKBP Rio Cahyowidi.

Dilanjutkan, pihaknya langsung ke tempat kejadian, beberapa saat setelah mendapat informasi. Polisi bertemu pelaku dan korban. ”Dia (RH, Red), sudah diamankan di Mapolsek Sukoharjo,” sebut dia.

BACA JUGA: Truk Kontainer Seruduk 5 Motor di Way Laga, Satu Pengendara Tewas di Tempat

AKBP Rio Cahyowidi mengungkapkan, antara korban dan pelaku sudah berkomunikasi, serta terjalin kesepakatan perdamaian.

"Namun kami, pihak kepolisian masih memastikan apakah perbuatan yang dilakukan pelaku tersebut hanya kepada korban atau ada lainnya. Kita berkoordinasi dengan pimpinan BRI Pringsewu untuk mengecek, sekaligus menginventarisir kejadian dengan modus serupa,” tandasnya. (sag/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: