Ini Penyebab 1 Desa di Lampung Timur Belum Terima Dana Desa Tahap 2

Ini Penyebab 1 Desa di Lampung Timur Belum Terima Dana Desa Tahap 2

FOTO RADAR LAMPUNG/DWI PRIHANTONO - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lampung Timur Yudi Irawan. --

BACA JUGA:Perayaan Dies Natalis ke-57 Unila Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Diberitakan sebelumnya, hingga 19 Juli 2022, DD tahap 2 telah disalurkan untuk  231 desa. Sementara, 33 desa lainnya saat ini masih dalam proses pengusulan pencairan.  

Kepala Dinas PMD Yudi Irawan menjelaskan,  sesuai ketentuan yang berlaku,  masing-masing desa harus mengalokasikan anggaran sedikitnya 40 persen dari total DD untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT).

Itu merujuk Peruturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 tentangg penggunaan dana desa. 

Lebih lanjut dijelaskan, dari 231 desa yang telah menerima DD tahap 2, tercatar 74 desa yang telah menyalurkan BLT DD. Sedangkan, lainnya segera akan disalurkan dalam waktu dekat ini. 

BACA JUGA:Begini Klarifikasi Jeje Slebew Usai Dituding Jadi Pemeran Video Dewasa

“Bila desa penerima DD tidak mengalokasikan anggaran BLT. Maka, tahun depan alokasi DD untuk desa tersebut dipangkas 50 persen,”jelas Yudi Irawan, Selasa 19 Juli 2022.

Ditambahkan, program penyaluran BLTDD merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak akibat pandemi covid-19.

“Dengan adanya BLTDD diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat, khususnya untuk pemenuhuan kebutuhan sembako,”imbuh Yudi Irawan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: