Viral Video Fenomena Air Laut Surut Mirip Tanda Tsunami, Ini Penjelasan BPBD Bangka Belitung

Viral Video Fenomena Air Laut Surut Mirip Tanda Tsunami, Ini Penjelasan BPBD Bangka Belitung

Fenomena air laut surut di Pantai Sampur, Bangka Belitung yang bikin geger netizen. (Instagram/@memomedsos)--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tengah ramai diperbincangkan di jagat maya tentang sebuah video memperlihatkan fenomena air laut surut mirip tanda-tanda bencana alam tsunami.

Dilansir Radarlampung.co.id dari akun media sosial Instagram @memomedsos pada Jumat, 14 Oktober 2022, fenomena air laut surut bak tanda tsunami tersebut diduga terjadi di kawasan Pantai Sampur, Desa Kebintik, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Viralnya video di jagat maya tersebut membuat banyak netizen beranggapan jika fenomena tersebut merupakan tanda bencana alam tsunami.

Setelah video fenomena air laut surut itu viral, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung Mikron Antariksa menegaskan, fenomena air laut surut tersebut merupakan hal biasa.

BACA JUGA:Tiang Listrik 2 Tahun Sudah Terpasang di Srengsem, Tapi Belum Ada Kabel

Menurut Kepala BPBD Bangka Belitung Mikron Antariksa, fenomena tersebut bukanlah sesuatu yang mesti membuat masyarakat setempat takut apalagi panik.

Mikron mengatakan, pihak BPBD pun sudah mendatangi lokasi fenomena air laut surut tersebut dan itu adalah hal biasa ketika hendak masuk musim barat.

“Sudah dicek ke lokasi. Posisi air laut saat ini surut dan surut di Pantai Sampur yang jauh, seperti video tersebut. Itu adalah hal biasa ketika mau masuk musim barat. Masyarakat di sana sudah biasa,” kata Kepala BPBD Bangka Belitung Mikron Antariksa.

Mikrin juga menjelaskan, fenomena pasang surut air laut ini dipengaruhi oleh bulan. Dan saat ini sedang musim barat, sehingga posisi bulan pun berada dekat dengan bumi.

BACA JUGA:Terendam, Begini Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Srimulyo

“Hal tersebut dipengaruhi fenomena pasang surut yang biasa, terlebih gaya tarik bulan besar menyebabkan air surut sampai jauh,” ujarnya.

Viralnya fenomena air laut surut di Pantai Sampur ini, juga turut dikomentari netizen.

Sejumlah netizen menuliskan bahwa itu adalah hal biasa bagi masyarakat Bangka Belitung.

Utuk org Bangka ini udh biasa, karna bkn di pantai sampur aja yg surut kyk gini, di pantai pasir padi jg kyk gini, bahkan bisa lebih jauh lg,” tulis netizen dengan akun Instagram @halim.muhammadd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: