Tim Penilai PPD Provinsi Kunjungi Tanggamus, Lakukan Penilaian Tahap II

Tim Penilai PPD Provinsi Kunjungi Tanggamus, Lakukan Penilaian Tahap II

Ketua tim penilai utama Evie Fatmawati dan ketua tim penilai independen Asrian Hendi Caya bersama Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan dan Sekkab Hamid Heriansyah Lubis.--

- Laut Bersih, Ikan Sehat, Masyarakat Sejahtera, merupakan gerakan kepedulian untuk menciptakan lingkungan pantai laut yang bersih dan lestari, serta sejumlah  inovasi lainnya. 

Ketua tim penilai utama Evie Fatmawati mengatakan, pada penilaian PPD ini Kabupaten Tanggamus akan  bersaing dengan lima kabupaten lainnya. 

BACA JUGA: Daftar 49 Lokasi SPBU Subsidi Tepat Per 1 Februari 2023

Tim penilai mengharapkan pada tahun ini, kembali ada Kabupaten di Lampung yang maju ke tingkat Nasional mewakili Provinsi Lampung. 

”Untuk itu tim akan mengkritisi inovasi yang ada. Kritisi bertujuan untuk menyempurnakan  inovasi. Dan tim akan bekerja secara professional,” katanya.

Kepala Bapperida Tanggamus Hendra Wijaya Mega dalam paparannya antara lain mengatakan, inovasi Gardu Sir Kemas Asik merupakan Gerakan Terpadu Sirkular Ekonomi Masyarakat yang adaptif, simpel, inklusif dan kolaboratif.

Dilaksanakan dengan pendekatan sistem ekonomi kerakyatan yang memaksimalkan kegunaan dan nilai tambah produk olahan sampah. 

BACA JUGA: Resmikan Gedung Mapolres Pringsewu, Ini Pesan Kapolda Lampung

”Sehingga mampu mengurangi jumlah bahan sisa yang tidak digunakan dan dibuang ketempat pembuangan akhir, untuk mewujudkan prinsip keberlanjutan,” tuturnya. 

Kebaruan atau novelty dari Gardu Sir Kemas Asik yaitu layanan gerakan ini memadukan 12 jenis layanan sub inovasi yang terintegrasi penggunaan sistem aplikasi Sipesta Ratu dalam pengumpulan data sampah. 

”Pemanfaatan sampah organik untuk keperluan pertanian melalui pekarangan lestari yang diharapkan dapat mendorong peningkatan pendapatan keluarga melalui pengolahan sampah,”pungkasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: