Tahun Ini, Pemprov Lampung Fokus Pembangunan Infrastruktur

Tahun Ini, Pemprov Lampung Fokus Pembangunan Infrastruktur

Pemprov Lampung melanjutkan pembangunan Jalan Ryacudu, Wayhalim, Bandarlampung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemprov Lampung menegaskan pada 2023 ini fokus pada pembangunan sejumlah infrastruktur. Terutama dalam membangun jalan-jalan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto usai menghadiri rapat anggaran infrastruktur kabupaten/kota se Provinsi Lampung pada Jumat, 28 April 2023.

"Tahun ini berfokus pada infrastruktur karena itu nama nya mandatory spending. Mulai pendidikan, kesehatan dan infrastruktur itu kewenangan wajib dan pasti prioritas," ujar Fahrizal.

Dia mengatakan jalan Provinsi Lampung saat ini ada 1.700 kilometer. Sementara kemantapan jalannya berdasarkan data Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, 76,85 persen.

BACA JUGA:Beit Balquisse, Rumah Ratu yang Sajikan Menu Timur Tengah

"Sebenarnya itu sudah melampaui target RPJMD, hanya masih ada sekitar 24 persen atau 400 kilometer jalan yang harus kita selesaikan perbaikan nya secara bertahap," lanjutnya.

Namun, dalam melakukan perbaikan tentu sesuai arahan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang memiliki potensi peningkatan perekonomian.

"Namun selain itu pak Gubernur juga sangat menghargai aspirasi dari Bupati dan Walikota setiap kali pertemuan merekan minta jalan Provinsi di perbakin, jadi dari anggaran yang terbatas itu ya kita pemerataan semua ruas di kabupaten/kota kita tangani," sambung Fahrizal.

Apalagi saat 2019 Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjabat ini memang sempat terkena pandemi Covid-19 pada 2020 yang membuat fokus anggaran untuk keselamatan masyarakat.

BACA JUGA:Kawanan Gajah Pindah Lokasi, Terpantau di Daerah Ini

"Karenanya sebenarnya bisa kita kalau mau menangani satu ruas jalan bisa selesai. Tetapi tidak mungkin karena tidak ada asas pemerataan. Jadi dengan anggaran yang ada dengan asas pemerataan kita lakukan secara bertahap," tambahnya.

Tahun 2023 ini sendiri, Dinas BMBK Provinsi Lampung bakal melakukan perbaikan jalan disejumlah jalan ruas utama yang menjadi salah satu fokus Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Jalan-jalan utama tersebut berupa 14 utama prioritas yang sudah menyelesaikan masa tender. Selanjutnya setelah lebaran tahun ini, rencananya pengerjaan jalan juga akan dimulai.

BACA JUGA:Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 51 Diumumkan, Cek Saldo dan Beli Pelatihannya Sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: