Keren, Mata Uang Kuno Pertama Indonesia ORI Jadi Incaran Kolektor Dunia, Berapa Nilainya?

Keren, Mata Uang Kuno Pertama Indonesia ORI Jadi Incaran Kolektor Dunia, Berapa Nilainya?

Mata uang pertama Indonesia ORI jadi incaran kolektor di dunia. SUMBER FOTO MARKET PLACE--

BACA JUGA: Uang Koin Emas Jadul Ini Dihargai Puluhan Juta, Bisa Buat Beli MacBook Pro M2, Kamu Punya?

Maka dari itu, Pemerintah mengganti mata uang ORI ataupun ORIDA menjadi rupiah yang disingkat Rp dan masih digunakan sampai sekarang.

Setelah Bank Indonesia berdiri pada tahun 1953, ada dua macam uang rupiah yang berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Republik Indonesia.

Pertama, uang yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI). 

Pemerintah Indonesia sendiri menerbitkan uang kertas dan logam pecahan di bawah Rp 5 rupiah. Sedangkan Bank Indonesia menerbitkan uang kertas dalam pecahan Rp 5 ke atas.

BACA JUGA: Uang Kertas Rupiah Tahun Emisi 2022 Terbaik di Dunia, Seperti Apa Desainnya?

Bank Indonesia mempunyai sebuah hak tunggal dalam mengeluarkan uang kertas dan uang logam sesuai UU Bank Indonesia Nomor 13 Tahun 1968.

Hal ini juga didasarkan pertimbangan antara uang kertas yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Pemerintah secara ekonomi akan dipandang tidak memiliki perbedaan yang  fungsional. 

Sehingga untuk tujuan keseragaman dan efisiensi pengeluaran uang, cukup dilakukan oleh sebuah lembaga saja yaitu Bank Indonesia dan berlaku hingga saat ini.

Kendati demikian, meskipun mata uang kuno pertama di Indonesia ORI menjadi incaran kolektor diseluruh dunia karena pada proses pembuatannya mengandung makna sejarah Indonesia.

BACA JUGA: Uang Koin Emas Jadul Ini Dihargai Puluhan Juta, Bisa Buat Beli MacBook Pro M2, Kamu Punya?

Terlebih lagi saat perederan uang kuno ORI, Pemerintah Indonesia menarik uang invasi jepang dan uang Pemerintahan Belanda dari peredaran.

Berdasarkan Undang-Undang Kemenkeu, adapun nilai mata uang ORI pada tanggal 25 Oktober 1946 ditetapkan sebagai 10 Rupiah setara dengan 5 gram emas murni.

Di jaman sekarang, memang uang ORI tidaklah dapat digunakan lagi sebagai alat transaksi pembayaran yang sah.

Namun, segala sesuatu yang sifatnya sudah tua, kuno dan antik memiliki harga di mata kolektor yang ada di seluruh penjuru dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: