Dosen dan Mahasiswa Prodi Sains Aktuaria Itera Beri Pelatihan Olah Data ke Perangkat Desa Badran Sari

Dosen dan Mahasiswa Prodi Sains Aktuaria Itera Beri Pelatihan Olah Data ke Perangkat Desa Badran Sari

Pelatihan Olah Data di Desa Badran Sari-Prodi Sains Aktuaria Itera-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dosen dan mahasiswa program studi (prodi) Sains Aktuaria ITERA, memberikan pelatihan olah data dan visualisasi data statistik dalam peningkatan kompetensi perangkat desa. 

Kegiatan pelatihan dilakukan pada hari jumat, 25 Agustus 2023 di Desa Badran Sari, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian atau sharing ilmu kepada masyarakat yang menjadi bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan pelatihan dihadiri oleh seluruh perangkat desa dari Desa Badransari yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari Kepala desa, Sekretaris desa, staf pengurus desa, ketua RW, Ketua RT, Handip, dan karang taruna. 

BACA JUGA:Makna Mendalam Kebaya Janggan, Outfit Dian Sastro di Serial Gadis Kretek

Sementara, Tim Pengabdian masyarakat Program Studi Sains Aktuaria ITERA terdiri dari Ayu Sofia, S.Si M.Si., Muklas Rivai, S.Stat, M.Si., Dwi Mahrani, S.Si M.Si., Fuji Lestari, S.Pd, M.Si., Indah Gumala A. S.Si, M.Si., Dilla Tirta J, S.Si, M.Si., dan Amalia Listiani, S.Pd, M.Sc.

Serta 3 mahasiswa Program Studi Sains Aktuaria ITERA yaitu Senophonda Widi M, Bagas Arya A, Adella Kusuma B.

Koordinator Program Studi Sains Aktuaria ITERA Dwi Mahrani, S.Si, M.Si, berharap kegiatan ini dapat menjadi bagian pengabdian dari institusi pendidikan kepada Masyarakat yaitu perangkat desa Badran Sari. 

Kepala Desa Badran Sari Wibowo, menyambut baik kegiatan yang dilakukan dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

BACA JUGA:Ternyata 2 Tipe Golongan Darah Ini Akan Jadi Sukses dan Hoki, Apa Saja Itu?

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Prodi Sains Aktuaria yang telah mengadakan pelatihan ini dan semoga kedepannya kegiatan ini bisa terus berlangsung, dan lebih banyak lagi kegiatan pelatihan yang diikuti perangkat desa atau masyarakat desa Badran Sari,” kata dia.

Dosen Prodi Sains Aktuaria ITERA sekaligus Ketua Tim Pengabdian Ayu Sofia, S.Si, M.Si., menjelaskan pentingnya pelatihan olah data dan visualisasi data untuk dasar-dasar kebijakan yang akan diambil oleh perangkat desa. 

Materi pelatihan yang diberikan dibagi menjadi 2 bagian yaitu Pengolahan Data yang terdiri dari memasukkan data [Manual, Copy-Paste, Paste Spesial]; merapihkan dan melengkapi data [Text to Column dan Fungsi Vlookup].

Lalu, analisis data [Fungsi Statistik, Pivot Table] dan Visualisasi Data yang terdiri dari membuat grafik [Line Chart, Bar Chart, Pie Chart, Column Chart dan lainnya]; membuat dashbord sederhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: