5 Jenis Buah-buahan untuk Mengatasi Diare

5 Jenis Buah-buahan untuk Mengatasi Diare

Diare adalah salah satu masalah tentang kesehatan yang umumnya terjadi pada bayi dan anak-anak. Sumber foto Pinterest.com--

BACA JUGA:Hilangkan Perut Buncit Wanita Lewat 5 Metode Alami dan Sehat Tanpa Diet Ketat

Ini akan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mendukung pemulihan yang optimal.

2.Apel

Apel adalah salah satu buah yang disarankan untuk penderita diare. Buah ini mengandung pektin, jenis serat larut dalam air 

yang dapat membantu memadatkan tinja, sehingga memungkinkan untuk buang air lebih teratur. Kandungan kalium dalam apel juga membantu dalam penyerapan cairan berlebih dari usus.

Selain itu, buang air besar berulang kali saat mengalami diare dapat menyebabkan kehilangan energi. Apel mengandung karbohidrat dan gula yang dapat meningkatkan energi.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association juga menunjukkan manfaat apel dalam meredakan gejala diare yang parah. 

BACA JUGA:Lampung Selatan Raih Penghargaan Kategori Pembinaan Ruang

Dalam penelitian tersebut, anak-anak yang diminta untuk mengonsumsi jus apel murni (tanpa gula) mengalami pemulihan yang lebih cepat dari diare. 

3.Pisang

Pisang sangat bermanfaat bagi penderita diare karena kaya akan pektin, vitamin C, vitamin B6, folat, kalium, dan karbohidrat kompleks.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pektin adalah jenis serat larut dalam air yang mudah dicerna.

Kandungan tinggi kalium di dalam buah pisang dapat membantu mempermudah dan memperbaiki fungsi usus dengan meningkatkan aliran darah ke usus. 

Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan keinginan untuk muntah yang sering terjadi pada penderita diare.

BACA JUGA:Polisi Lakukan 22 Reka Adegan Tawuran Dekat SMAN 5 Bandar Lampung, Korban Terkena Bacokan Lebih dari 3 Kali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: