Siapkan SMMPTN Tahun 2024, Forum Rektor BKS PTN Jalur Barat Bahas Ini di Itera

Siapkan SMMPTN Tahun 2024, Forum Rektor BKS PTN Jalur Barat Bahas Ini di Itera

Foto Melida Rohlita--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Belajar dari masalalu, Forum Rektor Badan Kerjasama (BKS) PTN Wilayah Barat bertekad menjadikan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN) tahun 2024 lebih transparan  berdasarkan Rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Ketua BKS PTN Wilayah Barat Prof Muryanto Amin selepas memimpin rapat tahunan ke XLIV di Institut Teknologi Sumatera (Itera), Jumat, 17 November 2023.

Prof. Muryadi mengatakan, pasca peristiwa OTT yang menimpa Rektor Unila beberapa waktu lalu, BKS PTN Barat langsung mengevaluasi semua sistem dan memperbaikinya secara menyeluruh.

"Pada SMMPTN Barat tahun 2023 atau tahun ini berjalan sesuai dengan POB, transparansi, dan sistem komplain berjalan dengan aturan," kata Rektor USU tersebut, didampingI Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha.

 BACA JUGA:Pemkab Tanggamus Lampung Perkuat UMKM lewat Kegiatan Heling Mehayu

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan beberapa upaya transparansi terkait besaran UKT khususnya pada saat penerimaan mahasiswa jalur mandiri.

"SPI dan UKT telah transparan dengan ditampilkan di website masing-masing kampus dan bisa diakses oleh para calon mahasiswa baru, dari mulai terkecil sampai yang tertinggi," ungkapnya.

Dirinya juga turut membocorkan bahwa pada SMMPTN jalur barat, terdapat beberapa hal yang difokuskan terutama pada kualitas penyelenggar ujian masuk tersebut.

"Antara lain soal dan penyelenggara. Karena ada PTN Barat yang wilayahnya memang jauh sehingga kita ingin meningkatkan kualitas pelaksanaan infrastruktur IT disana yang terus ditingkat," terangnya.

 BACA JUGA:Penyegaran Jabatan, Pemkot Metro Rolling Eselon 3 dan 4

Bersamaan dengan itu, Sekretaris Pojka SMMPTN Barat Prof. Supriyanto menyebut adanya SMMPTN Barat adalah untuk memfasilitasi siswa SMA yang gagal lolos pada jalur SNBT atau SNBP.

"Tapi bukan berarti yang memilih jalur mandiri siswa yang tidak kompeten, kebanyakan siswa salah mengambil jurusan. Serta egositas dalam menentukan kampus yang pas. Untuk data tahun 2023 ada 29.442 pendaftar yang tersebar 25 PTN, terbayak di Riau sebanyak 5 ribu lebih," pungkasnya.

Diketahui, pada rapat tahunan tersebut Itera menjadi tuan rumah penyelenggara, di mana rapat tersebut dihadiri 36 anggota dari Forum Rektor dari 25 PTN jalur barat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: