Iklan Bos Aca Header Detail

Hadapi Rawan Pemilu, Wakapolda Sambangi Polres Pesisir Barat, Ini Pesannya

Hadapi Rawan Pemilu, Wakapolda Sambangi Polres Pesisir Barat, Ini Pesannya

Wakapolda Lampung Brigjen Pol.Dr.Ahmad Ramadhan, S.H, M.H, M.Si., beserta rombongan mengunjungi Mapolres Pesisir Barat (Pesbar), Selasa 23 Januari 2024.--

BACA JUGA:Keren! Inilah Rekomendasi 5 Cafe Mewah dan Instagramable di Bandar Lampung

"Karena itu, Polres mengajukan tambahan BKO untuk pengamanan Pemilu 2024 tersebut yakni sebanyak 106 personil  untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan 100 personil untuk stanby antisipasi situasi Pemilu," jelasnya.

Menurutnya, wilayah Pesbar ini cukup luas dan komunikasi juga sulit, sehingga dalam Pemilu dibutuhkan penambaha personil.

Sedangkan, untuk jumlah TPS Pemilu di Pesbar ini terdapat 490 TPS terdiri dari TPS sangat rawan, rawan, dan kurang rawan.

Kerawanan di TPS salah satunya yakni politik uang atau money politik, konflik antar pendukung dan kerawanan lainnya.

BACA JUGA:Daftar Zodiak yang Boros di Akhir Bulan Januari 2024, Cek Ramalannya

Terdapat beberapa Kecamatan yang dinilai rawan pada Pemilu tersebut yakni Kecamatan Pulau Pisang yang rawan geografis karena akses menuju ke Pulau Pisang tersebut melalui jalur laut, serta rawan geografis lainnta yakni di wilayah empat Pekon terpencil yang ada di Kecamatan Bangkunat.

"Untuk daerah terpencil yakni Pekon Bandar Dalam, Way Tiyas, Siring Gading dan Way Haru di Kecamatan Bangkunat itu secara geografis sangat rawan, bahkan dala pendistribusian logistik Pemilu nanti harus menggunakan gerobak sapi karena itu lebih aman," ungkapnya.

Selain itu juga, kata dia, diwilayah terpencil tersebut terdapat satu Dusun/Pemangku yang sangat terisolir atau aksesnya paling sulit yakni Dusun Pengekahan yang berbatasan dengan kawasan konservasi TWNC, untuk menuju ke lokasi itu harus melalui beberapa muara sungai.

"Jika musim penghujan tentunya cukup menjadi kendala, karena memang aksesnya menuju wilayah terpencil itu sulit dilalui kendaraan," jelasnya.

BACA JUGA:4 Trik Bikin Make Up Wajah Glowing Alami Tampak Natural, Ini Rahasianya

Sementara itu, Wakapolda Lampung Ahmad Ramadhan, menyampaikan bahwa, kegiatan kunjungan ke Polres Pesbar ini salah satunya bertujuan ingin melihat sejauh mana kesiapan Polres Pesbar, dan juga untuk mengetahui situasi menjelang Pemilu 2024 di Pesbar.

Sebab, dalam operasi Mantap Brata yang dilakukan jajaran Kepolisian itu mencakup pengamanan Pemilu, dan ditahun 2024 ini juga akan ada Pilkada.

Tentu ini bukan pekerjaan yang ringan, namun harus dikerjakan bersama-sama, semuanya sama yakni memiliki tujuan agar Pemilu berjalan aman tertib, aman, damai dan bermartabat.

"Terkait berbagai upaya preentif, preventif, dan represif telah dilakukan oleh jajaran Polres Pesbar mengenai Pemilu 2024," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: