Iklan Bos Aca Header Detail

Jangan Abai, Ini Imbauan Penting untuk Masyarakat Sekitar Kawah Nirwana

Jangan Abai, Ini Imbauan Penting untuk Masyarakat Sekitar Kawah Nirwana

Foto Satelit dok Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.--

BACA JUGA:Panwascam Pilkada 2024 Resmi Dilantik, Bawaslu Pesisir Barat Tekankan Beberapa Hal Penting

"Berdasarkan sejarah erupsi terakhirnya, potensi bahaya erupsi G. Pematang Bata (Suoh) adalah erupsi freatik berupa lontaran material dan abu vulkanik, semburan lumpur, serta meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik yang dapat melebihi ambang batas," paparnya.

Selain itu, Gunung Suoh memiliki beberapa manifestasi vulkanik, di antaranya Kawah Nirwana, Kawah Kramikan, Kawah Kopi Susu, Kolam Lumpur, dan kawah lainnya.

"Pada tanggal 24 Mei 2024 pada pukul 08.30 WIB telah terjadi erupsi freatik dari Kawah Nirwana G. Suoh. Kolom erupsi berwarna putih dengan intensitas tebal. Berdasarkan informasi SAR Lampung erupsi terjadi 3 kali pada rentang waktu Pukul 08.30 – 09.00 WIB," terang dia.

Maka lebih jauh sehubungan dengan erupsi freatik tersebut, pihaknya merekomendasikan beberapa hal yanga harus diwaspadai oleh masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Upsss, Ada Kabar Pemenang Seleksi 7 JPTP Pemkot Bandar Lampung Urung Dilantik, Kepala BKPSDM Beri Penjelasan

Masyarakat di sekitar G. Suoh dan pengunjung/wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas dan mendekati Kawah Nirwana G. Suoh di dalam radius 500 meter.

Masyarakat di sekitar Gunung Suoh dan pengunjung/wisatawan juga diimbau agar tidak memasuki Kawah - kawah di G. Suoh dan lembah - lembah yang berhulu ke arah G. Suoh karena berpotensi ancaman gas CO2 beracun.

Masyarakat dan seluruh pihak di sekitar G. Suoh juga turut diminta menjaga kondusivitas serta tidak percaya dengan berita yg tidak jelas sumbernya, serta diharapkan tenang tidak terpancing isu-isu (hoax) tentang letusan G. Suoh.

Masyarakat diharapkan selalu mengikuti arahan Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:Dibawa Kabur dan Disetubuhi 8 Kali, Pelaku Persetubuhan Anak di Pesisir Barat Diamankan Polisi

Seluruh masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya tak lupa diminta untuk memantau perkembangan rekomendasi G. Suoh melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id, https://vsi.esdm.go.id dan website Badan Geologi https://geologi.esdm.go.id.

Serta media sosial PVMBG (Facebook, Instagram dan Twitter pvmbg_). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: