PKM di SMA Bhayangkari, Dosen STMIK Surya Intan Kembangkan Hal Ini

PKM di SMA Bhayangkari, Dosen STMIK Surya Intan Kembangkan Hal Ini

--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen STMIK Surya Intan membawa angin segar bagi SMA Bhayangkari, Lampung Utara.

Melalui hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mereka sukses mengembangkan sistem running text berbasis Internet of Things (IoT) yang inovatif untuk mendukung penyebaran informasi dan pengumuman sekolah secara cepat dan efisien.

Kegiatan PkM ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana para dosen tidak hanya berperan dalam pengajaran dan penelitian, tetapi juga berkontribusi kepada masyarakat.

BACA JUGA:Rekomendasi Tablet Low Budget Dalam Seri Advan Tab Sketsa 3

Tahun 2024, tim PkM dari STMIK Surya Intan, yang dipimpin oleh Ferry Susanto, S.Kom., M.T.I, dan beranggotakan Aida Rohmah, S.E., M.S.Ak., M.T.I, Yuntriani, S.Kom., M.T.I, serta dua mahasiswa, Jamirah Lasmi Ningsih dan Widi Wijaya, menjalin kerja sama dengan Kepala Sekolah SMA Bhayangkari, Bambang Nopriadi, S.Pd., MM.

Program yang mereka gagas adalah pengembangan sistem running text berbasis IoT untuk sekolah.

Alat ini memungkinkan pengumuman dan informasi sekolah disampaikan secara real-time, meningkatkan kecepatan dan efektivitas dalam penyebaran informasi kepada siswa.

BACA JUGA:Hasil Pengundian, Nomor Urut Satu Bambang-Rafieq, Wahdi-Qomaru Nomor Dua

Sistem ini menggunakan teknologi Arduino Uno, Modul Wifi ESP8266, dan Panel P10 yang dikendalikan melalui aplikasi LED berbasis Android.

Dengan adanya sistem ini, staf sekolah dapat dengan mudah mengunggah informasi dan pengumuman tanpa perlu melakukan metode manual seperti menempelkan informasi di papan pengumuman.

Selain itu, inovasi ini tidak hanya memudahkan operasional sekolah tetapi juga memberikan kemudahan bagi siswa untuk menerima informasi lebih cepat dan akurat.

BACA JUGA:Diesnatalis ke 59, PJ Gubernur Lampung Dorong Unila Berkontribusi Untuk Kota Baru Jadi Kota Modern

Dalam jangka panjang, sistem running text ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi sekolah.

Dengan selesainya pembuatan alat ini, SMA Bhayangkari kini siap menggunakannya untuk mendukung berbagai kegiatan pengumuman sekolah, menjadikan teknologi sebagai alat penting dalam meningkatkan layanan pendidikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: