Perencanaan Pembelajaran untuk Pengembangan Kognitif dan Solusi Masalah Belajar

Jumat 21-04-2023,17:12 WIB
Reporter : Widisandika Budiman
Editor : Widisandika Budiman

Konsep berikut yang menarik adalah kemampuan mengidentifikasi subbagian-subbagian dari tujuan pembelajaran kemudian menuangkannya menjadi subketrampilan subketrampilan yang ingin dicapai apabila proses pembelajaran selesai.

3. Menganalisis karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran. 

Konsep yang menarik pada saat melakukan analisis karakteristik peserta didik adalah kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan mengelompokkan berbagai jenis informasi yang berkaitan dengan kemampuan aktual peserta didik, gaya belajar dan sikap peserta didik serta menemukan sumber dan metode untuk mengumpulkan informasi yang dimaksud. 

Konsep yang menarik pada analisis konteks adalah kemampuan menemukan, mengidentifikasi dan merumuskan situasi dan kondisi yang bakal dihadapi oleh peserta didik untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dipelajarinya. 

4. Merumuskan tujuan pembelajaran khusus 

Konsep yang menarik pada saat merumuskan tujuan pembelajaran khusus adalah kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran menjadi sub- bagian sub-bagian yang lebih khusus dan dikaitkan dengan: pengetahuan dan ketrampilan yang perlu dimiliki peserta didik setelah proses pembelajaran, situasi dan kondisi yang diperlukan peserta didik untuk menunjukkan penguasaan pengetahuan yang telah dipelajari serta indikator atau kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam menempuh pembelajaran.

5. Mengembangkan instrumen pembelajaran. 

Konsep yang menarik pada saat mengembangkan instrumen pembelajaran adalah bagaimana mengembangkan instrumen yang dapat mengukur performa peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan. 

Instrumen yang dikembangkan juga harus memenuhi kaidah-kaidah instrumen pembelajaran yang baik misalnya aspek validitas dan reliabilitas. 

Konsep pengembangan instrumen pembelajaran menuntut penguasaan ketrampilan menyusun instrumen pembelajaran yang secara umum bukan sesuatu yang mudah dan sederhana. 

6. Mengembangkan strategi pembelajaran 

Pengembangan strategi pembelajaran memiliki konsep yang menarik berkaitan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang berkaitan dengan: a. Aktifitas pra-pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik dan juga mengingatkan kembali ketrampilan yang akan digunakan dan sudah dikuasai peserta didik. b. Materi pembelajaran. c. Partisipasi peserta didik selama pembelajaran. d. Penilaian dan aktifitas tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran.

7. Mengembangkan dan memilih bahan ajar 

Konsep yang menarik pada langkah ini adalah saran terhadap perancang desain pembelajaran untuk menyusun sendiri bahan ajar, karena siswa akan memperoleh informasi baru selama pembelajaran tanpa intervensi orang lain yang tidak terlibat langsung dengan pembelajaran.

Langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menyususun bahan ajar adalah sebagai berikut : 

a. Melihat kembali strategi pembelajaran untuk setiap tujuan pembelajaran dan setiap pelajaran

Kategori :