Kerja Sama dengan Pemprov DKI Jakarta, Pemkot Metro Sudah Catat Transaksi Rp 1 Miliar

Kerja Sama dengan Pemprov DKI Jakarta, Pemkot Metro Sudah Catat Transaksi Rp 1 Miliar

Wali Kota Metro Wahdi.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Metro dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang telah dilakukan dari bulan Juni hingga akhir bulan Agustus 2022, telah bertransaksi sebesar Rp 1 miliar.

Wali Kota Metro dr Wahdi Sirajuddin, SpOG menuturkan, KAD yang dilakukan dengan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

Menurutnya, banyak UMKM di Kota Metro dianggap mampu bersaing di luar daerah.

“Selain kerja sama Government to Government (G to G), kita juga bangun kerja sama antara Bussines to Bussines (B to B) antara BUMD Pangan DKI Jakarta dengan 4 (empat) Pelaku Usaha Kota Metro”, ujarnya, Senin 20 September 2022.

BACA JUGA:Akurasi Daftar Pemilih Jadi Kunci Sukses Pemilu 2024

Saat awal kerja sama, Kota Metro menyuplai sapi, telur, produk makanan UMKM, serta pengadaan Gabah Kering Panen (GKP) dan beras pecah kulit.

“Di Jakarta kan banyak yang dibutuhkan. Mengingat di sana kan memang kebanyakan mengandalkan distributor luar daerah,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Pipi Puspitasari menambahkan, hingga saat ini, total transaksi keseluruhan dari KAD tersebut berkisar Rp 1 miliar.

Diantaranya, telur sudah 11 kali dikirim ke Dharma Jaya, produk UMKM sebanyak 5 kali ke Pasar Jaya, beras pecah kulit 10 ton ke Food Station, dan sapi sebanyak 30 ekor ke Dharma Jaya.

BACA JUGA:Terima SK, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Metro Komit Selesaikan Semua PR

Ia menuturkan, untuk Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam upaya penguatan KAD Kota Metro.

"Misalkan rencana pemenuhan kebutuhan sapi Dharma Jaya berkisar 500 ekor dari PT SUJ Kota Metro," imbuhnya.

Lanjut Pipi, ada penambahan jenis produk UMKM Metro dan penambahan toko. Sebelumnya, hanya menyuplai 7 toko Jakmart, secara bertahap targetkan 33 Jakmart Pasar Jaya. 

Nah pada bulan September 2022 ini, Metro akan mengirimkan telur ke Jakarta sebanyak 5 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: