Berharap Sumbangsih Swasta, DLH Bandar Lampung Akui Banyak Armada Pengangkut Sampah Sudah Tak Layak

Berharap Sumbangsih Swasta, DLH Bandar Lampung Akui Banyak Armada Pengangkut Sampah Sudah Tak Layak

Sebuah truk sampah terguling di Jalan Hanoman, Sawah Brebes, Tanjungkarang Timur, Bandarlampung, Rabu 28 September 2022. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung akui ada sekitar 27 truk sampah tidak layak, dari 114 unit truk sampah yang dimiliki.

Kepala DLH Bandar Lampung Budiman PM mengatakan, selain 27 unit truk sampah tidak layak, kontainer sampah di Bandar Lampung pun banyak yang rusak.

Untuk itu, pihaknya rutin melakukan perbaikan. Ia pun mengakui hampir setiap hari ada laporan kerusakan sehingga serangkaian antisipasi dilakukan DLH.

"Kita lakukan penanganan dengan tukar sana sini, sampai kita proses pembelian kontainer baru, dan pergantian mobil baru," ujar Budiman PM, saat ditemui di Kantor Baznas Kota Bandar Lampung, Rabu 28 September 2022.

BACA JUGA:Truk Pengangkut Sampah Terguling di Jalan Hanoman Sebabkan Kemacetan

Pada APBD Perubahan 2022, lanjut Budiman PM, DLH akan menambah delapan unit kendaraan baru, yang terdiri dari empat unit truk dan empat unit pickup pengangkut sampah.

Kemudian, di APBD Murni 2023 mendatang, DLH Kota Bandar Lampung mengusulkan pengadaan sekitar 20 unit truk dan pickup.

"Sudah kita programkan pengadaan kendaraan baru. Kita berkala mengganti yang tidak layak," tuturnya.

Selain dari APBD, Budiman PM mengajak swasta untuk mendukung DLH melalui CSR, seperti gerobak sampah, tong sampah, peralatan kebersihan, hingga armada pengangkut sampah.

BACA JUGA:LBH Bandar Lampung Dorong Pemerintah Awasi Adanya Dugaan Mafia Tanah

"Tiap perusahan besar kita minta bantuan konteiner. Mungkin seperti dari Bukit Asam CSR bantu satu unit mobil tinja dan truk untuk DLH," terangnya.

Terkait truk sampah terbalik di Jl. Hanoman, Sawah Brebes, Rabu 28 September 2022, Budiman PM menjelaskan, truk sampah yang terguling bukan dalam perjalanan, namun saat menaikan kontainer ke badan truk. 

Karena ada kesalahan teknis sehingga truk menjadi terguling ke sebelah kiri. Saat ini kendaraan tersebut telah beroprasi.

Diketahui sebelumnya, sebuah truk sampah terguling di Jalan Hanoman, Sawah Brebes, Tanjungkarang Timur, Bandarlampung, Rabu 28 September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: