MPP Resmi Hadir di Bumi Sai Wawai, Berikan Kemudahan Pelayanan di Tengah Masyarakat

MPP Resmi Hadir di Bumi Sai Wawai, Berikan Kemudahan Pelayanan di Tengah Masyarakat

Hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Metro diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan publik ke masyarakat. Foto Dok--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota METRO diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan publik ke masyarakat.

Terobosan MPP tersebut menghadirkan 242 layanan dalam satu lokasi gedung yang dinilai dapat menghemat biaya dan waktu bagi masyarakat.

Gubernur Lampung yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan, pelayanan publik merupakan cerminan dari birokrasi yang dijalankan oleh sebuah pemerintahan.

“Dan Ini merupakan salah satu prioritas kerja presiden untuk mencapai Indonesia Maju,” ujarnya.

Wali Kota Metro Wahdi meminta seluruh aparatur pelayanan Mal Pelayanan Publik tak berhenti berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Di era digital saat ini semua sudah di dalam genggaman. Oleh karena itu, sebagai ASN yang melayani masyarakat tentunya harus bisa merespon perkembangan," kata dia, aaat soft launching MPP Kota Metro di Gedung Sessat Bumi Sai Wawai, Senin 28 November 2022.

Wahdi mengharapkan, dengan hadirnya MPP di tempat yang strategis tersebut dapat memberi kemudahan dan kepuasan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen maupun perizinan.

“Di era saat ini, masyarakat pasti ingin mendapatkan berbagai macam layanan yang mudah, cepat, dan transparan. Adanya layanan yang terintegrasi di satu lokasi akan menjadi solusi terbaik. Hal itulah yang mendorong Pemerintah Kota Metro menyediakan layanan terintegrasi melalui Mal Pelayanan Publik,” jelasnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Metro Denny Sanjaya menuturkan, di Mal Pelayanan Publik Kota Metro tergabung sekitar 27 instansi pelayanan baik yang berasal dari Pemerintah Kota Metro. Instansi pusat di daerah, hingga instansi/lembaga pelayanan lain yang ada di Kota Metro dengan jumlah 242 layanan.

Layanan tersebut terdiri dari 13 instansi Kota Metro dengan jumlah pelayanan sebanyak 211 macam. Instansi Provinsi Lampung terdiri dari 1 instansi dengan jumlah layanan sebanyak 1 jenis. BUMN terdiri dari 2 instansi dengan jumlah layanan ada 3 macam.

“Lalu, instansi pemerintah pusat atau Lembaga terdiri dari 8 instansi dengan layanan mencapai 24 jenis. Serta Perbankan terdiri dari 3 bank dengan 3 layanan,” ungkapnya.

Terwujudnya MPP termasuk dalam 9 program unggulan Walikota Metro tersebut tak lepas gandeng tangan dan dukungan berbagai pihak. Mulai dari DPRD Metro, Forkopimda, Instansi Vertikal, Stake Holder, BUMN, BUMD, Swasta dan seluruh elemen masyarakat.

Dalam soft launching tersebut, untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat, langsung dilakukan uji coba pelayanan dan fasilitas gedung. MPP sendiri berada di Gedung Sessat Bumi Sai Wawai yang memiliki berbagai fasilitas utama dan fasilitas pendukung. Mulai dari meja pelayanan, ruang tunggu nyaman, ruang baca, ruang bermain anak, hingga ruang menyusui, serta fasilitas lainnya yang juga ramah disabilitas. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: