Tidak Hanya Berpotensi Sebabkan Kekeringan, El Nino Bisa Munculkan Karhutla

Tidak Hanya Berpotensi Sebabkan Kekeringan, El Nino Bisa Munculkan Karhutla

Serangan El Nino bakal berdampak pada sejumlah sektor. Khususnya di sektor pertanian. ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID--

BACA JUGA:Alhamdulillah, Nasib Tenaga Honorer 2023 Bakal Dibahas oleh Panja dan Pansus DPR RI, Bakal Ada Solusi Terbaik?

"Sebenarnya dengan adanya El Nino ini seluruh daerah di Lampung berpotensi mengalami kekeringan, namun resikonya sedang hingga tinggi," kata Joni, Selasa 2 Mei 2023.

Namun, khusus ke lima daerah, Mesuji, Tulangbawang, Lampung Utara, Lampung Barat dan sebagian wilayah Lampung Tengah ini masuk dalam kategori resiko tinggi.

"Berdasarkan kajian resiko bencana (KRB) BPBD Lampung, memang ke lima daerah itu masuk resiko tinggi kekeringan," tambah Joni.

Guna mengantisipasi dampak kekeringan yang diprediksi bakal terjadi hingga akhir tahun, BPBD Lampung bersama BPBD kabupaten/kota menyiapkan mobil tanki untuk memasok air bersih ke daerah-daerah yang nantinya membutuhkan pasokan air.

BACA JUGA:Pelaku Penembakan di Kantor MUI Pusat Berasal dari Lampung, Ternyata Mengaku Nabi

"Masyarakat yang memang membutuhkan pasokan air nantinya bisa menghubungi Pemerintah setempat. BPBD Lampung siap untuk membantu dalam memasok air," katanya.

Diketahui, Lampung masuk dalam 32 Provinsi se Indonesia yang bakal mengalami fenomena alam El Nino. El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal di Samudera Pasifik.

El Nino diprediksi akan menghantam sejumlah wilayah yang ada di Indonesia pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Dahsyatnya hantaman El Nino tentu akan menyebabkan terjadinya kekeringan parah dari kemarau panjang yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

BACA JUGA:Tips Cari Uang di Internet, Youtuber Ini Bagikan Cara Hasilkan Dollar dari Nonton Youtube

Upaya mengantisipasi dahsyatnya hantaman El Nino, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta semua pihak bersiap menghadapi kemarau panjang ini.

Sejauh ini, pemerintah daerah diminta untuk segera mengambil langkah sebagai antisipasi terjadinya El Nino yang telah diprediksi berpeluang bakal terjadi di atas 50 persen di sejumlah wilayah Indonesia.

Tidak hanya kekeringan dari kemarau panjang. Hantaman El Nino juga dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan besar karena kurangnya sumber air akibat kekeringan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Enam Laporan Terkait Kerusakan Jalan Diterima Ombudsman Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: