Alhamdulillah, Petani uang Gagal Panen dapat Bantuan Rp 8 Juta Per Hektar

Alhamdulillah, Petani uang Gagal Panen dapat Bantuan Rp 8 Juta Per Hektar

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Lampung Kusnardi.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Lahan petani di Lampung yang gagal panen bakal mendapatkan bantuan bakalan dapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Lampung, Kusnardi pada Rabu, 3 Mei 2023 mengatakan bantuan ini untuk lahan sawah yang mengalami puso atau gagal panen karena musim penghujan yang menerjang Lampung beberapa bulan terakhir.

"Di Lampung itu ada yang memang terkena puso lahan sawahnya sebanyak 2.209 hektar. Rencananya pemerintah melalui BNPB akan memberikan bantuan sejumlah Rp8 juta per hektar," kata Kusnardi.

Bantuan sendiri berupa uang tunai yang nantinya akan dikirimkan langsung pada penerima melalui rekening penerima.

BACA JUGA:8 Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

Dengan diberikannya bantuan ini, Kusnardi mengatakan sebagai bukti bagi pemerintah agar bisa kembali mendukung semangat petani terutama bagi lahan yang memang rawan banjir untuk tetap memproduksi hasil pertanian.

"Selain itu juga ada bantuan lainnya bagi petani yang gagal panen berupa Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Tapi memang di Lampung ini AUTP nya dengan jumlah luas area tanam padinya belum sebanding," lanjutnya.

Karena luas areal padi yang ditanam itu mulai 500 ribu hektar sampai 600 tibu hektar, namun yang difasilitasi AUTP hanya sekitat 35 ribu hektar. Dan klaimnya pun memang diakui masih cukup lambat.

BACA JUGA:Di Ujung Jembatan Itu, Wanita Umur 15 Tahun Dicabuli Hingga Hamil 2 Bulan, Bagini Kisahnya

"Karenanya kita upayakan untuk Bantuan dari BNPB ini kami harapkan dapat terus menjaga semangat petani dalam memproduksi hasil pertanian," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: