Lokasi Pantai Sukaraja Dikabarkan Rawan Banjir Rob, Ini Langkah Diambil Pemkot Bandar Lampung

Lokasi Pantai Sukaraja Dikabarkan Rawan Banjir Rob, Ini Langkah Diambil Pemkot Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung bakal percantik pantai Sukaraja. Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID -  Masyarakat Sekitar  Pantai Nelayan Payang (Pantai Sukaraja) berlokasi Jalan Ikan berharap lokasi pinggiran pantai dibuat Talut guna mencegah abrasi serta penahan ombak sehingga pemukiman warga yang terletak disekitar pesisir pantai setempat tetap aman dan terhindar bahaya banjir rob.

Pria mengaku bernama bapak Loli, warga Pantai Sukaraja Bandar Lampung ini menyampaikan lokasi Pantai Sukaraja ini pada waktu tertentu terjadi banjir rob biasanya terjadi pada akhir tahun. Sehingga ia berharap pemerintah dapat membuat talut dilokasi pantai agar pemukiman warga terhindar dari bahaya banjir rob atau abrasi pantai.

 "Saya berharap Pemerintah membuat Talut disini karena pada waktu tertentu biasanya terjadi banjir rob atau abrasi pantai," ucapnya.

Ketua Nelayan Payan di Pesisir Pantai Sukaraja, Maryudi berharap pemerintah dapat menyediakan Dermaga Lepas Pantai. 

"Kami berharap pemerintah dapat menyediakan Dermaga lepas Pantai bukan terbuat dari beton. Karena selama ini  nelayan menggunakan tumpukan sampah sebagai media untuk menyadarkan kapal agar tidak rusak diterjang ombak besar," ucap Muryadi.

BACA JUGA:Penjabat Bupati Pringsewu Harapkan PDM, PDA, PDPM dan PDNA Semakin Solid

Warga Sukaraja mengaku bernama Bongek (48), menyampaikan bahwa sampah di Pantai Sukaraja ini sudah dari tahun 2004. "Sampah (dipantai) itu dari 2004. Tahunan memang. Sumber sampahnya ya dari laut, dari kali dan lainnya," tambahnya 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah kota Bandar Lampung sekaligus Plt.Kadis PU Bandar Lampung, Iwan Gunawan menyampaikan, Pemerintah kota (Pemkot) Bandar Lampung mempunyai program jangka panjang salah satunya berkolaborasi stakeholder terkait rencana pembangunan talut di lokasi pantai Sukaraja.  

"Program kita (Pemkot) jangka Panjang  salah satunya berkolaborasi stakeholder terkait rencana pembangunan talut dilokasi pantai Sukaraja," ucap pada Kamis, 13 Juli 2023.

Iwan juga menginformasikan Pemkot Bandar Lampung kan menindaklanjuti permintaan masyarakat menganggarkan Rp500 juta untuk pembuatan talut.

BACA JUGA:Heboh Nathalie Holscher Buka Hijab, Buya Yahya Ungkap Hukum Seorang Wanita Memperlihatkan Auratnya

Bahkan, Iwan juga menyampaikan bahwa Pemerintah kota (Pemkot) Bandar Lampung membuat tata pemukiman Pantai Nelayan Payang atau akrab disapa Pantai Sukaraja, Jalan Ikan Selar Bandar Lampung menjadi lebih rapih dan indah.

Iwan , menyampaikan pihaknya akan membuat tata pemukiman Pantai Sukaraja, Bandar Lampung seperti akan melakukan pengecekan hingga pengaspalan didaerah sekitar. "Kita akan mencoba mengubah lokasi ini menjadi tempat yang tidak kumuh," ucap Iwan.

Lebih rinci, Iwan menyampaikan bahwa untuk jangka panjangnya lokasi tersebut akan kami talut, tumbuh pakai tanah serta akan kami berikan paving block.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: