Kuliner Sop Ayam Pak Min di Klaten Jawa Tengah Yang legendaris, Pemiliknya Seorang Veteran

Kuliner Sop Ayam Pak Min di Klaten Jawa Tengah Yang legendaris, Pemiliknya Seorang Veteran

Foto tangkap layar Youtube @joko Purnomo : SOP Ayam Pak Min Klaten Jawa Tengah yang melegendaris ternyata pemiliknya seorang veteran--

RADARLAMPUNG.CO.ID  - Jika Anda sedang berada di Klaten Jawa Tengah jangan lupa mencicipi berbagai kuliner Jawa Tengah.

Salah satunya, Kuliner SOP Ayam Pak Min berdiri sejak 50 tahunan yang lalu yang terkenal dan menjadi ikon kuliner di Klaten Jawa Tengah ini dikabarkan pemilik seorang veteran  yang merupakan seorang juru masak di masa Penjajahan Kolonial Belanda.

Warung SOP Ayam Pak Min telah miliki puluhan cabang salah satunya yang berada tepat didepan Polsek Kota Klaten, Klaten, Jawa Tengah bukan dari jam 06.00 wib hingga 16.00 wib.

Warung SOP Ayam Pak Min ini banyak sekali menu pilihannya ada  sop pisah daging, SOP campur, SOP ceker dan lainnya. Untuk minuman ada es teh manis, teh panas dan jeruk.

BACA JUGA:Ketua DPRD Lampung Timur Lantik 3 Anggota Dewan PAW

Berbicara tentang kuliner wilayah Kabupaten Klaten Jawa Tengah , Warung SOP Ayam Pak Min merupakan Kuliner Klaten yang melegendaris.

Tidak banyak yang tahu, jika usaha SOP Ayam Pak Min Klaten yang dirintis oleh pasangan suami istri Tugiman (Pak Min) dan Wagiyem itu diawali dengan dijual secara pikulan 

Sebelumnya akhirnya berkembang pesat dan bisa memiliki 40 cabang yang tersebar di beberapa diwilayah Indonesia.

Sop Ayam pak Min Klaten telah dirintis oleh Pak Min dan Wagiyem sejak tahun 1960-an.

BACA JUGA:Berpeluang Tinggi Jadi PPPK, Begini Reaksi Honorer Lampung Usai Menpan RB Keluarkan Surat Saktinya

Dari data yang dirangkum beberapa sumber, SOP Ayam Pak Min pertama kali dibuat oleh mendiang suami istri Tugimin Mangun Suwito (80), dan Wagiyem (85) . 

Tugimin  ada semula bekerja serabutan mulai dari tukang becak, makelar hingga pernah menjadi veteran.

Tugimin merupakan seorang Veteran, beliau jadi juru masak saat zaman perang melawan Belanda dan Jepang. Dan beliau bertugas Dibagian logistik khususnya sebagai juru masak.

Ketika masa penjajahan dan agresi militer Belanda berakhir, Pak Min mulai merintis usaha SOP Ayam Pak Min pada tahun 1960-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: