Ini Perkembangan Perbaikan Jalan Lampung Dari APBD Perubahan 2023

Ini Perkembangan Perbaikan Jalan Lampung Dari APBD Perubahan 2023

Plt Kepala Dinas BMBK Lampung M Taufiqullah.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) setempat menyiapkan anggaran Rp 147 miliar untuk perbaikan jalan di APBD Perubahan 2023.

Pada APBD Perubahan ini, Dinas BMBK Lampung menganggarkan kegiatan perbaikan jalan melanjutkan pekerjaan yang perlu diselesaikan dari APBD Murni 2023.

Plt. Kapala Dinas BMBK Lampung M. Taufiqullah mengatakan, perbaikan yang dilakukan di APBD Perubahan diutamakan menyelesaikan perbaikan jalan perioritas.

Seperti ruas jalan Talang Padang-Ngarip masih ada 3 km ruas jalan tersebut yang masih tanah. Begitu juga ruas Tajab-Tegal Mukti ada sekitar 1,5 km ruas tersebut masih tanah.

BACA JUGA:Peduli Palestina, Lazismu Lampung Tengah Himpun Dana Rp 328 Juta Lebih

"Yang masih tanah itu kita kerjakan di perubahan dengan base atau lapisan pondasi. Sehingga tidak ada lagi yang tanah dan di tahun 2024 kita aspal," ujar M. Taufiqullah, Selasa 31 Oktober 2023.

Anggaran perbaikan jalan sendiri, kata M. Taufiqullah, sebesar Rp 147 miliar untuk 29 paket pekerjaan dari total yang didapat pada APBD Perubahan 2023 sebesar Rp 178 miliar.

Untuk realisasi perbaikan jalan yang bersumber dari APBD Perubahan 2023 saat ini tengah dalam tahap mencari penyedia jasa yang memenuhi syarat.

Dinas BMBK Lampung di APBD Perubahan ini, disampaikan M. Taufiqullah, mulai menggunakan E-Katalog untuk mencari penyedia barang dan jasa.

BACA JUGA:Hasil Pilkades Serentak Lampung Timur, 37 Incumbent Tumbang

"Dengan E-Katalog ini prosesnya lebih cepat. Kalau dengan tender biasanya waktu yang diperlukan 1 sampai 1,5 bulan. Melalui E-Katalog cuma beberapa hari saja bisa menentukan siapa penyedia jasa yang layak melaksanakan kegiatannya," ungkapnya.

Lanjut M. Taufiqullah, dikarenakan ada 29 paket pekerjaan melalui E-Katalog maka pengadaan penyedianya dilakukan sebanyak tiga tahap.

Tahap pertama untuk 10 peket pekerjaan, kedua 10 paket pekerjaan, dan ketiga sembilan paket pekerjaan.

"Jadi kita gunakan tiga tahap. Hari ini (Selasa,red) kita mulai melaksanakan tahap pertama. Beberapa hari keadaan tahap kedua dan seterusnya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: