Masjid Jami Al Anwar Masjid Tertua di Bandar Lampung Usia 185 tahun, Rekomendasi Wisata Religi Saat Ramadan

Masjid Jami Al Anwar Masjid Tertua di Bandar Lampung Usia 185 tahun, Rekomendasi Wisata Religi Saat Ramadan

Masjid Jami Al Anwar Masjid Tertua di Bandar Lampung Capai Usia 185 tahun , Cocok Jadi Rekomendasi Wisata Religi Saat Ramadan. Ilustrasi/Foto [email protected]

BACA JUGA:Wakil Rektor Unila Resmikan FEB Mart by Kopma

Hal ini diketahui,  Adanya peninggalan kisah dan situs bersejarah di dalam Masjid Jami Al Anwar tersebut, diantaranya, memiliki koleksi kitab kuning dan buku buku pengetahuan berbahasa Belanda yang berusia ratusan tahun. 

Konon, pada era tahun 1883, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gudang Lelang yang berada tidak jauh dari Masjid Jami Al Anwar merupakan pelabuhan besar di pesisir Provinsi Lampung.

Para saudagar atau pedagang dari sejumlah daerah di Nusantara yang beragama muslim menjadi di Nusantara yang beragama muslim menjadikan surau.

Atau, langgar yang menjadi cikal bakal masjid Jami Al Anwar untuk berkumpul dan beribadah. 

BACA JUGA:Wisata Unik Aek Sabaon Tapanuli Selatan Jadi Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga, Suasananya Serasa di Swiss

Namun, surau atau langgar tersebut rusak parah akibat terkena dampak letusan Gunung Krakatau .

Lima tahun kemudian, seorang saudagar asal Sulawesi dari Suku Bugis bernama Daeng Suwiji membangun kembali surau itu menjadi masjid yang sekarang dinamakan dengan Masjid Jami Al Anwar.

Awal renovasi  pada tahun 1888 atau setelah lima tahun rusak parah karena letusan Gunung Krakatau.

Daeng Sawiji bersama ulama dan masyarakat  mendirikan Masjid Jami Al Anwar lebih permanen pada tahun itu.

BACA JUGA:7 Tempat Pindang Tulang Enak di Bandar Lampung, Incaran Pecinta Kuliner Dari Lokal hingga Mancanegara

Saat Renovasi pada tahun 1888  menjadi Masjid Jami Al Anwar Bandar Lampung  yang permanen, enam tiang surau tetap dipertahankan yang saat ini telah dibungkus dengan pilar beton.

Enam Tiang pada Masjid Jami Al Anwar Bandar Lampung menggambarkan rukun Iman. Lalu, dilanjutkan renovasi kembali termasuk dilakukan pada 1972 dan terakhir pada 2015. 

Pada tahun 1972, renovasi dilakukan kembali dengan memperluas bangunan Masjid Jami Al Anwar Bandar Lampung menjadi lebih besar karena jamaah yang datang saat shalat Jumat maupun hari hari besar semakin banyak jumlahnya.

Terakhir, perbaikan dan renovasi masjid ini dilakukan sekitar 2015 sampai 2016 , yang diganti atas Masjid, awalnya genting biasa menjadi seng baja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: