Iklan Bos Aca Header Detail

UU KIA Disahkan, Pemkot Bandar Lampung Segera Sosialisasikan Ke Masyarakat

UU KIA Disahkan, Pemkot Bandar Lampung Segera Sosialisasikan Ke Masyarakat

Kepala Dinas PPA Kota Bandar Lampung Maryamah.-Foto Melida Rohlita/Radarlampung.co.id-

BACA JUGA:Berkedok Mencari Rongsokan, Kawanan Pelaku Pencuri Spesialis Rumah Kosong Diringkus Polisi

2. Pennetapan definisi anak dalam Rancangan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan, khusus definisi anak pada seribu hari pertama kehidupan yaitu kehidupannya dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan sampai dengan berusia 2 tahun. Sedangkan definisi anak secara umum dapat merujuk pada Undang-Undang Perlindungan Anak.

3. Perumusan cuti bagi ibu pekerja yang melakukan persalinan yaitu paling singkat 3 bulan pertama dan paling lama 3 bulan berikutnya atau total 6 bulan, jika terdapat kondisi khusus yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

4. Penetapan kewajiban suami untuk mendampingi istri selama masa persalinan dengan pemberian hak cuti selama 2 hari dan dapat diberikan tambahan 3 hari berikutnya atau sesuai dengan kesepakatan pemberi kerja. Bagi suami yang mendampingi istri yang mengalami keguguran berhak mendapatkan cuti 2 hari.

5. Perumusan tanggung jawab ibu, ayah, dan keluarga pada fase seribu hari pertama kehidupan. Demikian pula tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah mulai dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi.

BACA JUGA:Hasil Survei Elfianah Tembus 74,5 Persen, di Pilkada Mesuji

6. Pemberian jaminan pada semua ibu dalam keadaan apapun, termasuk ibu dengan kerentanan khusus. Diantaranya ibu berhadapan dengan hukum; ibu di lembaga pemasyarakatan, di penampungan, dalam situasi konflik dan bencana; ibu tunggal korban kekerasan; ibu dengan HIV/AIDS, ibu di daerah tertinggal terdepan dan terluar; dan/atau ibu dengan gangguan jiwa; termasuk juga ibu penyandang disabilitas yang disesuaikan dengan peraturanperundangan mengenai penyandang disabilitas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: