Bagaimana Sistem Penggajian Di Indonesia? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!

Bagaimana Sistem Penggajian Di Indonesia? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya!

Sistem penggajian di Indonesia-pixabay.com/@mohamed_hassan-

Biasanya sistem penggajian skala tunggal ini dilakukan berdasarkan jabatan atau pangkat tanpa adanya  mempertimbangkan tanggung jawab dan beban kerja. Jadi, karyawan yang setingkat atau memiliki jabatan yang sama, memiliki besaran gaji yang tidak jauh berbeda.

Sistem ini tidak memperhatikan sifat pekerjaan, tanggung jawab yang dipikul, ataupun prestasi yang telah diraih oleh karyawan. Sehingga besaran gaji yang diberikan hanya memperhatikan pada seberapa lama karyawan tersebut bekerja, atau masa kerja, dan juga golongan pangkat karyawan tersebut.

2. Sistem Penggajian Skala Ganda

Metode kedua yang digunakan di Indonesia adalah sistem skala ganda. Yang mana karyawan akan digaji berdasarkan pada pertimbangan jenis pekerjaan, prestasi yang diraih, dan juga tanggung jawab. Sistem ini biasanya dianggap lebih fair.

Pasa sistem skala ganda, karyawan akan menerima upah yang sesuai dengan golongan, pangkat, dan beban kerja yang akan menjadi faktor penilaian besaran dari gaji yang telah ditetapkan.

3. Sistem Penggajian Campuran

Sistem pembagian campuran merupakan metode yang banyak diadopsi oleh perusahan yang ada di Indonesia. Sistem ini ditegaskan dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 dan PP No. 6 Tahun 2008.

Namun, pada kenyataannya sistem ini menerapkan penggabungan dari sistem skala ganda dan juga sistem campuran. Yang berarti pegawai yang memiliki pangkat yang sama akan mendapatkan besaran gaji yang sama. Namun, terdapat juga tunjangan tertentu apabila ada beberapa beban tanggung jawab yang berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Penggajian

Ketiga sistem penggajian yang berlaku di Indonesia ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari ketiga sistem sistem penggajian:

Kelebihan

Sistem tersebut tentunya memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, berikut adalah kelebihan dari setiap sistem yang berlaku di Indonesia.

1. Sistem penggajian skala tunggal

Kelebihan dari sistem skala tunggal adalah perhitungan yang cukup sederhana. Hal itu dikarenakan adanya satu aturan yang berlaku.

2. Sistem penggajian skala ganda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: