Bersiap Ikut Penilaian Adipura, TPA Sampah Jadi Perhatian Pemkot Metro

Bersiap Ikut Penilaian Adipura, TPA Sampah Jadi Perhatian Pemkot Metro

--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota Metro sedang bersiap mengikuti penilaian Adipura. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk mengikuti penilaian Adipura.

Dalam persiapan penilaian Adipura tersebut, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Karangrejo, Metro Utara menjadi perhatian.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro, Irianto Marhasan mengatakan, untuk mengikuti penilaian lomba Adipura, pihaknya menyiapkan beberapa kategori dalam penilaian.

Antara lain, TPA, kebersihan lingkungan, bank sampah, pasar, terminal, drainase dan kategori lainnya.

BACA JUGA:Panik dan Gelagapan, Rupanya Pengendara Sepeda Motor Bawa Ini

“Tapi Untuk saat ini kita sedang fokus TPA Karangrejo,” ujarnya.

Dikatakan Irianto, dalam penilaian Adipura tersebut, kategori penilaian akan dimasukkan datanya ke Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). Lalu, akan dicocokkan layak atau tidak untuk ikut dilombakan.

"Masalah kita ini hanya sampah. Karena itu kita sedang mempersiapkan terkait pengelolaan sampah. Nanti diisi datanya, dan tim survei akan turun. Dilihat langsung data yang dimasukkan, layak atau tidak mengikuti lomba Adipura,” katanya.

Sebagai informasi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro sedang mempersiapkan lokasi baru Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara.

BACA JUGA:Airlangga Temui Partai Penguasa Jepang, Sepakati Pertukaran Pemuda Golkar-LDP

Kepala DLH Kota Metro, Irianto Marhasan mengatakan, persiapan lokasi baru tersebut merupakan upaya pemerintah mengatasi sampah yang ada di Bumi Sai Wawai.

“Sekarang ini kita sedang mempersiapkan lokasi baru TPA Karangrejo. Proses yang tengah dilakukan dengan pembuatan Analisis Masalah Dampak Lingkungan (AMDAL) oleh Dinas PUTR di lokasi TPA baru,” ujarnya.

Dijelaskan Irianto, lokasi baru TPA tersebut masih berada di Keluarahan Karangrejo tepatnya bersebelahan dengan lokasi lama. Di mana luasnya mencapai 7,3 hektare. Luas tempat pembuangan 2,1 hektar. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: