Pilkades Serentak Pesawaran, Ini Penekanan untuk Personel Pengamanan

Pilkades Serentak Pesawaran, Ini Penekanan untuk Personel Pengamanan

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengecek personel dalam apel pergeseran pasukan pengamanan pilkades serentak 2022, Jumat 16 Desember 2022. FOTO HUMAS POLRES PESAWARAN --

BACA JUGA: Selamat! Universitas Lampung Raih Lima Penghargaan Anugerah Humas Diktiristek

Hindari pelanggaran maupun penyimpangan yang dilakukan oleh personel dan memaksimalkan penggunaan HT (handy talky) untuk kecepatan informasi dan permohonan bantuan kepada kapolsek atau Padal masing-masing kecamatan bila ada kejadian yang perlu penanganan segera.

"Semoga pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 di Kabupaten Pesawaran ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejuk serta kondusif. Sehingga mampu menghasilkan dan melahirkan pemimpin rakyat yang benar-benar mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju yang memiliki keunggulan kompetitif," tegasnya.

Sebelumnya, logistik pilkades serentak Pesawaran ditarget sudah terdistribusi, Kamis 15 Desember 2022.   

Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Zuriadi menatakan, Selasa 13 Desember 2022, logsitsik diserahkan ke pihak kecamatan. 

BACA JUGA: Tekab 308 Presisi Polres Lampung Timur Amankan Pembawa 20 Gram Sabu

Dari 27 desa yang mengikuti pilkades serentak, satu desa berada di pulau Legundi. 

Untuk pelaksanaannya, panitia tingkat kabupaten menyiapkan surat suara cadangan sebanyak lima persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

"Kita siapkan surat suara cadangan sebanyak lima persen dari DPT.  Logistik pilkades kita distribusikan ke kecamatan. Nanti camat yang akan mengoordinasikan ke polsek dan desa," papar Zuriadi. 

Dilanjutkan, distribusi logistik dibagi tiga tim. Untuk tim pertama, wilayah pendistribusian meliputi Kecamatan Gedongtataan dan Negerikaton.

BACA JUGA: Nukman Jadi Pj. Bupati Lampung Barat, Dilantik Minggu

Kemudian tim kedua di Kecamatan Way Lima, Kedondong, Way Khilau dan Way Ratai. Terakhir, tim tiga ke Kecamatan Teluk Pandan, Padang Cermin, Marga Punduh dan Punduh Pedada

"Logistik pilkades serentak didistribusikan ke 27 desa dari 10 kecamatan. Terdiri dari 61.679 surat suara, 54 bilik suara, 81 kotak suara dan 81 paket alat coblos,” urai Zuriadi. 

Sebelumnya, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo menyatakan, untuk pengamanan pilkades 17 Desember, pihaknya mendapat bantuan pasukan sebanyak tiga peleton dari Polda Lampung. Masing-masing Sabhara dua peleton dan satu peleton dari satuan Brimob

"Mereka akan kita tempatkan di Way Lima, polres dan Padangcermin. Pasukan siaga, bertindak cepat apabila terjadi kerusuhan di desa yang melaksanakan Pilkades,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: