Simak! Strategi Tetap Sehat Saat Berpuasa dengan Cuaca yang Tidak Menentu

Simak! Strategi Tetap Sehat Saat Berpuasa dengan Cuaca yang Tidak Menentu

7 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa. Sumber Foto : Dikutip dari Ilustrasi Freepik--

Saat musim pancaroba, tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit, sehingga mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh dan mempertahankan kesehatan.

BACA JUGA:Jadwal dan Lokasi Operasi Pasar Beras SPHP di Pesisir Barat, Catat Syaratnya

Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan adalah makanan yang mengandung buah buah dan sayuran. 

Ada delapan buah yang akan Kandungan Antioksidan bagus di Konsumsi di Bulan Puasa apalagi Ramadhan tahun ini diprediksi jatuh musim pancaroba. Yakni, Brokoli, Bayam, Wortel, Tomat, Apel, Stroberi, Blueberry dan Anggur

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan antioksidan tubuh anda setiap harinya saat berpuasa, salah satunya dengan menyiapkan beberapa makanan tersebut sebagai menu buka puasa atau sahur.

2. Pastikan tidur cukup

Saat puasa, orang biasanya akan kekurangan waktu tidur karena harus terbangun pada dini hari untuk makan sahur.

BACA JUGA:Belasan Kali Curi Motor, Dua Bandit Asal Lampung Tengah Selalu Bawa Ini

Selain itu, kondisi cuaca yang tidak menentu di musim pancaroba ditambah dengan berkurangnya asupan makanan dan minuman di siang hari juga kerap memicu tubuh untuk mudah lelah dan mengantuk.

Oleh karena itu, pastikan anda memenuhi kebutuhan tidur selama 6-8jam per hari.Selain terhindar dari kondisi tubuh yang semakin lemas, durasi tidur yang cukup juga akan membuat imunitas tubuh tetap terjaga saat anda harus tetap aktif bergerak dan berkegiatan.

3. Cara Konsumsi Teh atau Kopi saat Ramadhan

Meskipun teh atau kopi menjadi minuman favorit, perhatikan cara konsumsinya saat Ramadhan.

Perlu di pahami, Kopi atau teh dapat menyebabkan dehidrasi atau meningkatkan frekuensi buang air kecil. Jadi sebaiknya hindari konsumsi teh maupun kopi saat sahur karena akan berdampak pada rasa lemas yang akan timbul sejak pagi saat berpuasa.

Bahkan, konsumsi teh maupun kopi terlalu manis  juga sebaiknya dihindari saat sahur karena akan memicu haus di siang hari terutama pada musim pancaroba dengan suhu udara yang dapat merubah secara ekstrem.

Oleh karena itu, minuman terbaik pada saat sahur adalah air putih.Pastikan Anda minum air putih mineral dua gelas pada saat sahur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: