MKKS SMA Akui Belum Punya Data Keseluruhan Siswa Lolos SNBP 2023 di Lampung

MKKS SMA Akui Belum Punya Data Keseluruhan Siswa Lolos SNBP 2023 di Lampung

Instagram LTMPT--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Provinsi Lampung mengaku belum memiliki data total keseluruhan siswa SMA yang lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) pada SNPMB tahun 2023 ini.

Ketua MKKS SMA Lampung Hendra Putra mengatakan, hingga kini pihaknya belum memiliki data secara global, khususnya di Provinsi Lampung.

"Kita terus terang belum bisa jawab, karena belum punya daftarnya, dan yang punya datanya itu PTN-nya sendiri," katanya, Rabu, 29 Maret 2023.

Oleh karenanya Hendra mengungkapkan belum bisa menyebut tingkat kulusan siswa pada seleksi jalur tersebut bisa dikatakan naik atau menurun dibandingkan tahun lalu.

BACA JUGA:DPRD Tanggamus Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2022

"Kalau tahun lalu itu kami tahu karena beberapa hari setelah pengumuman kita audiensi dengan Panitia Lokal disini, karena mereka yang tahu data dari Lampung dan seluruh Indonesia. Untuk saat ini yang kita punya data dari sekolah kita saja, belum bisa dipastikan kapan," jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala SMAN 2 Bandar Lampung ini mengakui bahwa jumlah yang lolos seleksi di sekolahnya yaitu 70 siswa.

Hasil itu turun dibandingkan tahun lalu yakni 91 orang, sedangkan SMAN 5 Bandar Lampung masih berada pada  posisi dengan siswa lulus SNBP terbanyak seperti tahun lalu dengan 95 orang. 

Hendra menyebutkan, memang jumlah yang lolos tahun ini tidak sebanyak SMAN5 Bandar Lampung, namun Hendra menyatakan bahwa kualitas PTN yang diambil sekolahnya tahun ini lebih jauh tinggi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:67 Siswa SMA Al Kautsar Lolos SNBP

"Pertama jumlah siswa lulusan kita tahun ini dengan tahun lalu bebeda, tahun lalu kita meluluskan 12 kelas dengan murid 419 orang, sedangkan tahun ini ada 9 kelas saja 336 siswa, sementara variable yang dipakai kan berdasarkan preaentasi," ungkapnya.

"Tahun lalu siswa kita yang diterima UGM hanya 6 orang, tahun ini 18 orang, ITB 12 orang tahun lalu hanya 5. Jadi secara kualitas sangat jauh tinggi," tambahnya.

Faktor lain seperti ego para siswa yang sulit untuk diarahkan memilih PTN juga diakui Hendra dalam penurunan yang terjadi tahun ini.

Sementara, Kepala SMAN 5 Bandar Lampung Hayati Nufus mengamini informasi yang diterima. Dia menyebut, meskipun jumlah yang lulus turun namun siswa sekolahnya yang lulus SNBP tetap terbanyak di Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: