Kantor Pos Salurkan Pencairan Bansos PKH BPNT Tahap II, KPM Bakal Terima Uang Tunai atau Barang?

Kantor Pos Salurkan Pencairan Bansos PKH BPNT Tahap II, KPM Bakal Terima Uang Tunai atau Barang?

Ilustrasi bansos.-Pixabay-

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pencairan Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)Tahap II priode April, Mei dan Juni 2023 sedang tahap pencairan PT.Pos Indonesia.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos PKH dan BPNT  tahap II melalui Kantor Pos Indonesia salah satunya dari KPM yang sebelumnya pencairan Bansos PKH maupun BPNT melalui Bank BTN namun saat ini belum ikut serta dalam pembagian penyaluran bansos  tahap II ini.

Dilansir dari laman YouTube Diary bansos,  Para KPM yang melakukan pencairan di Kantor Pos Indonesia harus bersabar untuk menunggu dana bos cair karena pencairan dana bansos PKH maupun BPNT disalurkan secara bertahap.

Diprediksi Bansos yang akan di pertengahan hingga nanti diakhir bulan Juni dan pihak PT.Pos Indonesia akan kembali menyalurkan bantuan sosial atau Bansos PKH tahap 2 Tahun 2023 untuk Alokasi April, Mei dan Juni 2023.

BACA JUGA:7 Guru Besar Unila Dikukuhkan, Ini Nama-namanya

Selain itu, Kemungkinan besar proses penyalurannya akan dibersamakan dengan pencairan bantuan sembako atau BPNT untuk alokasi bulan April, Mei dan Juni 2023 sebesar Rp.600 ribu.

Para KPM akan mendapatkan empat bantuan dari Pemerintah, namun tidak semua KPM mendapatkan bantuan tersebut.

Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyeleksi para KPM berhak terima bansos PKH maupun BPNT . Hanya memenuhi persyaratan yang berhak terima bantuan tersebut.

Para KPM  adakala  mendapatkan 4 bantuan sekaligus yakni 2 bantuan uang tunai dan 2 bantuan berupa barang.

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 52 Dibuka, Lengkapi Syarat dan Lakukan Cara Daftar Berikut Ini Agar Berhasil Lolos

Bantuan PKH Tahap 2 dicairkan dua cara yakni Ada KPM menerima bantuan melalui Pendataan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)  maupun PT Pos Indonesia.

Sementara untuk bantuan berupa uang lainnya adalah bantuan BPNT atau bantuan sembako untuk alokasi bukan Maret dan April atau alokasi April hingga Juni 2023 melalui PT.Pos Indonesia.

Sementara, Bansos BPNT pada tahap II akan dicairkan kepada para KPM dalam bentuk uang tunai maupun non tunai. Untuk yang akan masuk kedalam Kartu KKS bukan dalam bentuk barang tetapi melainkan uang tunai.

KPM akan menerima Bantuan yang diberikan oleh pemerintah dalam berupa barang adalah bantuan beras sebanyak 10 kg yakni bantuan pangan dari pihak Bapanas yang bekerja sama dengan Perum Bulog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: