WCI Sebut Jumlah Orang Dengan HIV Aids Terbanyak Ada di Bandar Lampung

WCI Sebut Jumlah Orang Dengan HIV Aids Terbanyak Ada di Bandar Lampung

ILUSTRASI/FOTO FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Avocacy Oficer Wahana Citra (WCI) Rachmat Cahaya Aji menyebut sebanyak 2.701 orang terifeksi HIV Aids di Bandar Lampung, meningkat 100 persen sejak 10 tahun terakhir.

"Menurut data Dinas Kesehatan Bandar Lampung, ada 2.701 orang hidup dengan HIV Aids," kata Aji, ditemui belum lama ini di bilangan TbU, Bandar Lampung.  

Menurutnya, peningkatan tersebut luar biasa di Lampung, sejak tahun 2002 hingga 2023 ini ada 6 ribu kasus lebih, dan Bandar Lampung adalah kota paling banyak dari kabupaten-kabupaten lainnya.

"Bandar Lampung adalah Kota dengan angka tertinggi dibanding daerah lainnya," terangnya.

BACA JUGA:Hukum Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci, Begini Penjelasan Buya Yahya

Menurutnya, kenaikan sangat luar biasa sejak 10 tahun terakhir, dan hal ini sangat memprihatinkan jika tidak ditanggulagi secara serius.

Padahal di tahun 2002 orang dengan HIV hanya ada 3 orang saja, di mana dari 6 ribu lebih orang se Lampung itu dua ribu lebih adalah anak-anak.

"Jika upaya pencegahan tidak masif dilakukan bukan tidak mungkin jumlah tersebut semakin lama semakin bertambah terus," ujarnya.

Maka upaya pencegahan pertama yang dilakukan Pemerintah di antaranya adalah edukasi pada program eliminasi HIV.

BACA JUGA:Harga Mulai 3 Jutaan, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy A15 4G yang Bawa Helio G99 dan RAM 8GB

2030 ditargetkan tidak ada kasus baru, dan tidak ada yang ditularkan, 0 kematian lagi pada tahun tersebut.

"Jadi kalau dia HIV yaudah HIV aja karena HIV kalau nggak diobati akan masuk fase aids, jadi harus minum obat. Kalau minum obat kualitas hidupnya akan semakin baik, dan tidak masuk fase aids, sekarang sudah ada obatnya jadi harus minum," jelasnya.

Kata dia, untuk data Bandar Lampung yakni 2.701 itu merupakan fenomena gunung es, di mana hanya data yang ketahuan atau terlihat berdasarkan pemeriksaan cek darah.

"Tapi orang yang belum terdata di Bandar Lampung ini banyak sekali, makanya perlu juga dites," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: