Ksatria Pilih Tanding, Kemampuan Antasena Jauh Lampaui Aquaman

Ksatria Pilih Tanding, Kemampuan Antasena Jauh Lampaui Aquaman

Lukisan Pertempuran Gatotkaca dan Antasena karya Basoeki Abdullah.Ksatria Pilih Tanding, Kemampuan Antasena Jauh Lampaui Aquaman-- Foto Kemdikbud.go.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Para pecinta serial superhero tentu mengenal Aquaman. Jagoan ini digambarkan sebagai penguasa samudera.

Ia memiliki kemampuan bernafas dalam air dan sejumlah kekuatan super lain. Aquaman juga memiliki senjata berbentuk tombak bermata trisula Bernama Trident of Neptune.

Ternyata dalam dunia pewayangan, ada sosok yang memiliki kemampuan jauh melebihi Aquaman.

Tokoh itu adalah Antasena. Selain menjadi penguasa Samudra karena kemampuannya bernafas dalam air, Antasena yang memiliki nama lain Anantasena juga memiliki kemampuan terbang dan amblas ke dalam bumi.

BACA JUGA:Ini Kisah Wisang Geni, Superhero yang Selevel Fantastic Four

Karakter ini digambarkan sebagai sosok yang kasar. Bicaranya tanpa tedeng aling-aling. Tak bisa bertata krama.

Namun demikian, Antasena memiliki sifat yang polos. Dia juga berjiwa patriotik. Ia tak ragu menyerahkan jiwa dan raganya untuk kepentingan bangsa dan negara. Tak pernah setitik pun ia meminta pamrih berupa harta maupun jabatan. 

Pemuda pilih tanding ini merupakan putra Bimasena -salah satu ksatria Pandawa.

BACA JUGA:Mengenal Tokoh Dalam Cerita Ramayana, Gambaran Kebijaksanaan, Cinta dan Angkara Murka Dalam Dunia Pewayangan

Sedangkan sang ibu adalah Dewi Urangayu putri dari Dewa penguasa lautan Batara Baruna. Dewi Urangayu merupakan istri ketiga Bima -sebutan lain Bimasena yang juga dikenal sebagai Werkudara. 

Sebelumnya Bima telah memiliki dua orang putra yaitu Gatot Kaca dan Antareja. Artinya, kedua tokoh ini adalah kakak Antasena dari lain ibu.

Antasena tak pernah bertemu dengan Bima. Sejak Antasena masih dalam kandungan, Bima telah kembali ke Istana Amarta meninggalkan Urangayu. Praktis Antasena hanya diasuh oleh sang ibu dan kakeknya Batara Baruna.

BACA JUGA:Uang Kuno Seri Wayang 1000 Gulden Banyak Diminati Kolektor di Palembang, Anda Punya?

Sejak kecil Antasena terkenal pemberani dan sakti mandraguna. Maklum saja, sejak lahir tubuhnya telah dilapisi semacam selaput udang yang memiliki kekuatan laksana baja. Lapisan cangkang udang ini membuatnya kebal dari senjata apa pun. Selain itu, air liur Antasena juga beracun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: