Satgas BLBI Sita Tanah Milik Sjamsul Nursalim di Lampung Guna Pemulihan Hak Negara

Satgas BLBI Sita Tanah Milik Sjamsul Nursalim di Lampung Guna Pemulihan Hak Negara

Obligor BLBI Sjamsul Nursalim. (FIN)--

BACA JUGA:Siap-siap, Ada Operasi Penertiban Air Minum di Pesawaran

Atas aset-aset yang sudah dilakukan penguasaan fisik tersebut akan dilakukan optimalisasi pengelolaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Untuk tahap berikutnya, Satgas BLBI telah merencanakan tindakan penguasaan fisik atas aset properti yang tersebar di beberapa kota atau kabupaten di Indonesia," tukas Rionald.

Ketua Pengarah Satgas BLBI: Obligor Harus Kooperatif

Sebelumnya, Ketua Pengarah Satgas BLBI Mahfud MD menuturkan, para obligor diminta kooperatif.

"Harus betul-betul kooperatif, jangan main kucing-kucingan," imbau Mahfud ketika penyitaan aset terkait PT Bank Asia Pasific di Klub Golf Bogor Raya, Bogor, Jawa Barat, Rabu 2 Juni 2022.

BACA JUGA:Mahfud MD Apresiasi Pengacara Bharada Richard Eliezer

Mahfud memperingatkan agar obligor tak mengalihkan aset apalagi melakukan tindak pidana pencucian uang.

Sebab, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga terus terlibat dalam Satgas BLBI guna menyelesaikan hak tagih dana BLBI.

"Kalau terjadi tindak pidana pencucian uang sesudah penyitaan maupun sebelum penyitaan, kita tidak akan main-main, berat itu (hukuman) tindak pencucian uang," ucap Mahfud.

Mahfud menambahkan, Satgas BLBI bakal terus berupaya menyelesaikan hak tagih BLBI. Karenanya, bagi para obligor atau debitur diminta segera mempersiapkan saat nantinya dipanggil Satgas BLBI.

BACA JUGA:Kabareskrim Polri Jelaskan Bharada Eliezer Mengaku yang Sebenarnya Berkat Kegigihan dari Penyidik

"Yang sekarang sudah dipanggil supaya segera menyiapkan diri dengan seluruh data yang tersedia sehingga kita nanti akan segera melakukan eksekusi," kata dia.

Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban menyatakan, penyitaan aset yang dilakukan Satgas BLBI penting agar tak ada peralihan aset. Selain itu, agar aset juga tak menjadi jaminan pengajuan pinjaman.

"Jadi kita juga secara tidak langsung mengirim pesan kepada para kreditur yang memiliki jaminan aset ini, di sini ada satgas BLBI, jadi harus pertimbangkan kalau you mau jadi kreditur yang bersangkutan," kata Rionald.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: