Kemenkes Siapkan Tim Advokasi Kawal Kasus Penganiayaan Dokter di Lampung

Kemenkes Siapkan Tim Advokasi Kawal Kasus Penganiayaan Dokter di Lampung

Tim Kemenkes mendatangi Satreskrim Polres Lampung Barat guna berkoordinasi terkait kasus dugaan penganiayaan terhadap dr. Carel Triwiyono Hamonangan.--

BACA JUGA: Lebih Ringan dari Karomani, Heryandi dan Basri Dituntut 5 Tahun

"Harapannya bisa menjadi pembelajaran agar kejadian seperti yang menimpa sejawat kami di Lambar tidak terulang dan menimpa sejawat kami di pesawaran," tegas dr. Topan. 

Karena itu, dr. Topan mengimbau kepada tenaga medis dan anggota IDI Cabang Pesawaran agar supaya melaporkan jika mengalami kejadian kekerasan saat memberikan pelayanan kesehatan. 

IDI Pesawaran juga bakal berkoordinasi dengan organisasi profesi kesehatan di kabupaten tersebut guna menyiapkan langkah-langkah antisipasi dan perlindungan tenaga kesehatan. 

Pada bagian lain, Sekretaris Dinas Kesehatan Pesawaran Andhika Abrin Kadir juga ikut menyayangkan kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh pasien kepada dokter di Lampung Barat.

BACA JUGA: Dengar Dirinya Dituntut 12 Tahun Penjara, Sosok Ini Bakal Jadi Andalan Karomani

Menurut Andhika, dokter tersebut sudah mengikuti SOP yang berlaku. 

Bahkan, dokter telah memberikan informasi dan memberikan penjelasan kepada pasien maupun keluarganya terhadap penyakit yang dikeluhkan. 

Guna mencegah hal sama terjadi di Pesawaran, seluruh tenaga kesehatan di kabupaten itu dalam memberikan pelayanan mendapatkan perlindungan hukum. 

Kasus dugaan penganiayaan terhadap dr. Carel ini juga mendapat reaksi dari sejumlah elemen. 

BACA JUGA: Jaksa Tuntut Karomani 12 Tahun Penjara

Di antaranya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Barat, mengecam kasus penganiayaan yang terjadi di Puskesmas Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong pada  Sabtu 22 April 2023. 

Ketua IDI Lampung Barat dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes. menyebutkan, kasus dugaan penganiayaan itu bakal diteruskan sesuai proses hukum yang berlaku.

Artinya, tidak akan ada kemungkinan perdamaian terkait kasus dugaan penganiayaan yang dialami dokter internship di Puskesmas Fajar Bulan tersebut.  

"Dokter Carel adalah dokter internship yang bertugas di Puskesmas Fajar Bulan. Tergabung di IDI. Bagaimanapun kami mengecam kejadian yang dialaminya," sebut dr. Iman Hendarman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: