Iklan Bos Aca Header Detail

Kisah AKP Nahal Rizaq, MVP DBL Lampung Series 2011 Peraih Adhi Makayasa Akpol 2016

Kisah AKP Nahal Rizaq, MVP DBL Lampung Series 2011 Peraih Adhi Makayasa Akpol 2016

Foto kolase Dbl.id --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ini cerita lain soal alumni Development Basketball League (DBL) yang menjadi anggota polisi. Namanya Adalah Nahal Rizaq. 

Ia tidak sekadar berhasil menembus Akademi Polisi (Akpol), Ia juga berhasil menjadi lulusan terbaik atau Adhi Makayasa pada tahun 2016 lalu. Nahal Rizaq bisa disebut berhasil menjadi yang terbaik di basket maupun saat ia menjadi taruna di Akpol.

Di dunia basket, Nahal Rizaq pernah merasakan bagaimana ia termasuk yang mengantarkan tim sekolahnya, SMAN 2 Bandar Lampung menjadi juara di Honda DBL Lampung Series. Dua kali berturut-turut yakni pada musim pertamanya bermain di DBL pada tahun 2010. Dan kemudian di musim berikutnya di DBL, 2011.

Pada musim terakhirnya itu Nahal tak sekadar mengantarkan SMAN 2 Bandar Lampung back to back juara. Tapi ia juga terpilih menjadi most valuable player (MVP) DBL Lampung 2011. "Saya dua musim main di DBL. Saat kelas X dan XI," kenangnya mengutip dbl.id.

BACA JUGA:Waduh! Belanja Makan Minum Hingga ATK OPD di Pemkab Lampung Selatan Tidak Sesuai Ketentuan

Pada tahun 2011 itu, Nahal Rizaq menjadi MVP bersama Rosidana kapten tim putri SMAN 1 Terbanggibesar. Pada final 2011, SMAN 2 Bandar Lampung berhasil mengawinkan gelar juara DBL putra dan putri.

Tim putra Smanda julukan SMAN 2 Bandar Lampung di final mengalahkan SMAN 10 Bandar Lampung dengan skor 56-33 pada Sabtu 19 Februari 2011 di GOR Saburai. Sedangkan tim putri Smanda mengandaskan perjuangan tim debutan SMAN 1 Terbanggibesar dengan skor 40-25.

Ketika kelas XII, Nahal Rizaq sudah tak bisa main di DBL. Karena ia harus fokus untuk mengahdapi ujian nasional, sekaligus menghadapi tes masuk Akpol.

Jalan Tuhan membawa Nahal diterima di Akpol. Ia tak sekadar berhasil lulus menjadi seorang polisi. Nahal menjadi lulusan terbaik Akpol. Ia menyandang gelar Adhi Makayasa 2016 dari Polri.

BACA JUGA:20 Personel Polres Tanggamus Lampung Naik Pangkat, Kapolres Tekankan Hal Ini

Buat yang belum tahu, tiap tahun Akademi TNI (TNI AD, TNI AL, dan TNI AU) serta Akademi Kepolisian memilih masing-masing satu lulusan terbaik. Jadi tiap tahun ada empat orang yang berhak menyandang gelar Adhi Makayasa. Nah, Nahal terpilih dari Akpol.

Pimpinan TNI-Polri seringkali dijabat mereka yang meraih gelar Adhi Makayasa. Sosok seperti Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Luhut Binsar Pandjaitan merupakan peraih Adhi Makayasa di TNI AD.

Sedangkan di Polri sebut saja diantaranya mantan Kapolri Tito Karnavian yang mendapatkan gelar Adhi Makayasa.

Nahal Rizaq mengakui hobinya bermain basket hingga membawanya terpilih menjadi MVP di DBL Lampung Series cukup banyak mempengaruhi kesuksesannya menjadi seorang lulusan terbaik di Akpol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: